Beranda Sejarah 5 Website Belanda Yang Membahas Sejarah Orang Maluku

5 Website Belanda Yang Membahas Sejarah Orang Maluku

103
0
5 Website Belanda Yang Membahas Sejarah Orang Maluku
5 Website Belanda Yang Membahas Sejarah Orang Maluku

5 Website Belanda Yang Membahas Sejarah Orang Maluku – Seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia, Maluku memiliki perjalanan sejarah yang panjang dan tidak dapat dilepaskan dari sejarah Indonesia secara keseluruhan.

Kawasan kepulauan yang kaya dengan rempah-rempah ini sudah dikenal di dunia internasional sejak dahulu kala. Pada awal abad ke-7 pelaut-pelaut dari daratan Cina, khususnya pada zaman Dinasti Tang, kerap mengunjungi Maluku untuk mencari rempah-rempah. Namun mereka sengaja merahasiakannya untuk mencegah datangnya bangsa-bangsa lain kedaerah ini. salah satunya adalah bangsa Portugis.

Perlawanan rakyat Maluku terhadap Portugis, dimanfaatkan Belanda untuk menjejakkan kakinya di Maluku. Pada tahun 1605, Belanda berhasil memaksa Portugis untuk menyerahkan pertahanannya di Ambon kepada Steven van der Hagen dan di Tidore kepada Cornelisz Sebastiansz. Demikian pula benteng Inggris di Kambelo, Pulau Seram, dihancurkan oleh Belanda. Sejak saat itu Belanda berhasil menguasai sebagian besar wilayah Maluku.

Berbicara soal sejarah dibawah ini terdapat 5 Website Belanda Yang Membahas Sejarah Orang Maluku

1. Website Pusat Arsip National Belanda

Di dalam situs internet ini yang didirikan atas kerja sama antara Musium Maluku dan Pusat Arsip National, dapat ditemukan berbagai data tentang orang-orang Maluku pada tahun 1951 yang datang ke Belanda. Situs ini selain itu juga memuat data tentang orang Maluku lainnya yang memiliki sejarah kedatangan berbeda . Selain itu situs ini juga memuat informasi lengkap tentang sejarah latar belakang terkait.

Link : http://www.nationaalarchief.nl/aankomst

2. Indie In OorLog (Indonesia dalam Perang)

Melalui website ini, orang-orang dapat mencari bahan tentang Indonesia dan Maluku didalam koleksi sejumlah lembaga-lembaga warisan lainnya. Terutama, penekanan terdapat pada Perang Dunia Kedua serta akibatnya. Situs ini sangat ilustratif dengan peta serta jadwal waktu, dan juga menyediakan informasi latar belakang yang luas.

Link : http://www.indieinoorlog.nl/

3. Gheugen Van Nedherland (Ingatan dari Belanda)

Perpustakaan Kerajaan Belanda (‘De Koninklijke Bibliotheek’) telah memuat berbagai macam koleksi gambar dari banyak institusi-institusi budaya ke dalam situs internet ‘Ingatan dari Belanda (Het Geheugen van Nederland). Koleksi dari MHM telah di tambahkan dibawah judul ‘Sejarah dan Budaya Maluku dalam gambar’. Disini dapat ditemukan 10.000 macam gambar tentang orang-orang Maluku dan masyarakt Maluku di Belanda. Koleksi diatas mencakup periode antara 1900 sampai 2004.

Link : http://www.geheugenvannederland.nl/?/nl/collecties/molukse_geschiedenis_en_cultuur_in_beeld

4. X-PART Malukkers

Situs ini berisi ‘Kamp-kamp orang Maluku’, sebelas orang dari generasi pertama dan kedua menceritakan pengalaman mereka. Bagaimana pengalaman mereka atas kedatangan mereke ke Belanda? Bagaimana kehidupan mereka di kamp-kamp tersebut dan bagaimana mereka melihat kilas kehidupan mereka kembali?

5. Molukse Woonorden (Kamp-kamp orang Maluku)

Dalam map Belanda di situs ini diperlihatkan letak semua kamp-kamp dimana orang-orang Maluku pernah tinggal pada tahun 1950 dan 1960. Setiap nama tempat bisa di-klik dan didalamnya dapat dilihat foto-foto pada jaman tersebut. Para pengunjung juga bisa menaruh sendiri foto-foto mereka untuk melengkapi situs ini.

Link : http://www.moluksewoonoorden.nl/