Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Teknologi · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Terpisah 20 Tahun Saat Kerusuhan Ambon, Akhirnya Bertemu di Tik Tok


 Terpisah 20 Tahun Saat Kerusuhan Ambon, Akhirnya Bertemu di Tik Tok Perbesar

Terpisah sekira 20 tahun, Trena Mustika (24) warga Kampung Cipaingeun, Kelurahan Sukamaju Kaler, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menemukan saudari kembarnya lewat aplikasi TikTok.

saudari kembarnya tersebut Treni Fitriana (24) yang tinggal di Blitar, Jawa Timur. Sebelumnya keduanya terpisah saat terjadi kerusuhan di Ambon.

Untuk diketahui, Trena merupakan anak ketujuh dari sembilan bersaudari hasil pernikahan pasangan Enceng Dedi (59) dengan Enok Rohaenah yang sudah meninggal dua tahun lalu. Ayah Trena-Trini sekarang tinggal di Kampung Cipaingeun.

Kisah Trena-Treni berawal saat ayah-ibunya mengikuti program pemerintah untuk transmigrasi ke Maluku pada 1997. Saat melahirkan anak yang ke tujuh, ternyata yang lahir kembar.

Karena mempercayai anak kembar akan meninggal jika tidak dipisahkan, ayah-ibu memisahkan mereka dengan cara menitipkan Trena untuk dirawat tetangga bernama Ibrahim yang saat ini tinggal di Garut. Sementara Treni dititipkan kepada pasangan Misranto dan Rini.

Dua tahun kemudian, ibu Trena-Treni akan melahirkan anak ke sembilannya dan dibawa ke rumah sakit di Ambon untuk proses lahiran.

Saat proses kelahiran anak bungsunya, kemudian terjadilah kerusuhan di Ambon yang mengakibatkan keluarga memutuskan untuk kembali ke Tasikmalaya dengan membawa semua anaknya termasuk Trena.

Namun Treni malah dibawa oleh orangtua asuhnya ke Jawa tanpa sepengetahuan kedua orangtua kandungnya, dan tanpa diketahui di mana alamat jelasnya sehingga mereka kehilangan.

Namun kini Trena-Treni tak sengaja bertemu di TikTok. Trena mengatakan awalnya dirinya mendapatkan kabar dari tetangga yang melihat dirinya ada di Tiktok. Padahal Trena tidak pernah main Tiktok.

Kemudian untuk memastikannya, Trena dan kakak-kakanya mencoba mencari tahu lewat media sosial. Hingga akhirnya mereka melakukan komunikasi dan video call pada 12 Oktober 2020 dengan Treni. “Pas pertama lihat wajahku, dia langsung nangis,” ujar Trena.

Kemudian Trena dan Treni merasa yakin bahwa mereka adalah saudari kembar. Mereka pun menjalin komunikasi untuk bertemu di hari depan.

Sementata itu, sambil meneteskan air mata karena rasa bahagia dan sedih, ayah Trena, Enceng Dedi mengatakan dirinya akan bertemu Treni dalam waktu dekat.

Dedi mengatakan bahwa Treni rencananya akan datang ke Tasikmalaya untuk bertemu dengan keluarga pada 21 Oktober 2020.

Sekadar informasi, Trena sendiri saat ini sudah berkeluarga dan memiliki dua anak, serta hidup bersama keluarga besarnya tidak jauh dari rumah sang ayah. (Source :OkeZone)

Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Aplikasi dan Website Cari dan Promosi Kos Online di Ambon, Maba Wajib Catat!

12 Agustus 2022 - 11:51 WIT

Aplikasi dan Website Cari dan Promosi Kos Online di Ambon, Maba Wajib Catat!

Ratusan CPNS Tahun 2022 Mengundurkan Diri, Beralih Profesi Menjadi Pebisnis Startup dan Konten Creator

19 Juni 2022 - 13:24 WIT

Ka.Kanwil Kemenag Maluku Launching Aplikasi SimBa

10 Juni 2022 - 10:21 WIT

Permintaan Kredit di Bank Maluku Cabang Masohi Meningkat

26 April 2022 - 09:22 WIT

Kepala Cabang Bank Maluku di Masohi, Maluku Tengah, Hany Salampessy saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (25/4/2022).

Bayar Angkot Pakai QR Code, Penumpang Wajib Punya Smartphone

26 Oktober 2021 - 17:06 WIT

Hati-Hati, Ada Injeksi Script Dipasang Indihome Untuk Pantau Data Pengguna

2 Oktober 2021 - 09:37 WIT

Hati-Hati, Ada Injeksi Script Dipasang Indihome Untuk Pantau Data Pengguna
Trending di Teknologi