Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Teknologi · 19 Jun 2022 13:24 WIT ·

Ratusan CPNS Tahun 2022 Mengundurkan Diri, Beralih Profesi Menjadi Pebisnis Startup dan Konten Creator


 Ratusan CPNS Tahun 2022 Mengundurkan Diri, Beralih  Profesi Menjadi Pebisnis Startup dan Konten Creator Perbesar

Ambon,Salawaku, Hal tak terduga terjadi pada proses seleksi PNS tahun 2022 ini. Sebanyak 105 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tiba-tiba mengundurkan diri, terhitung sejak Jumat (27/05/2022).

Pengunduran ratusan CPNS tersebut memiliki beranekaragam alasan, dari gaji yang tidak sesuai ekspetasi, job desk yang terlalu berat, dan lain-lain.

Kepala Biro, Hukum, Humas dan Kerjasama BKN Satya Pratama mengatakan bahwa pengunduran diri para CPNS tersebut terjadi begitu saja diluar perkiraan, terlebih hal ini merupakan sebuah kerugian bagi negara, sebab biaya pengularan yang tidak sedikit saat proses seleksi PNS.

Jelas mundurnya ratusan CPNS ini menimbulkan berbagai praduga di masyarakat luas, terlebih seperti yang kita ketahui selama ini bahwa PNS merupakan profesi yang bisa dikatakan di idam-idamkan banyak orang.

Pakar sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS), Drajat Tri Kartono berpendapat bahwa perlahan prespektif masyarakat mulai berubah pada sosok profesi PNS. Anggapan bahwa PNS merupakan pekerjaan yang idaman perlahan mulai memudar, sebab mulai tersaingi dengan dunia industri dan munculnya banyak wirausahawan diberbagai bidang, seperti makanan, kesenian, bertani modern dan lain-lain yang memanfatkan teknologi modern.

Gaji Youtber Lebih Besar dari PNS

Kini sudah banyak perusahaan besar (startup) bermunculan diberbagai wilayah Indonesia yang menawarkan insentif yang bisa dikatakan jauh lebih besar dari PNS. Selain perusahaan, sekarang ini profesi youtuber sedang naik-naik nya.

Banyak masyarakat yang mencoba peruntungan menjadi seorang youtuber. Meski awalnya kesusahan, perlahan profesi youtuber ternyata memiliki prospek kedepan yang menjanjikan. Lebih-lebih gaji yang bisa mencapai puluhan juta, bahkan ratusan membuat masyarakat, khususnya anak muda kian tergiur menjadi youtuber, sebut saja Jess No Limit, Windah Basudara, Nex Carlos dan lain-lain.

Meski begitu, jumlah CPNS yang mengundurkan diri masih tergolong sangat sedikit dibandingkan pendaftar yang berjumlah ribuan.

“Dulu status PNS tidak hanya diidamkan oleh pencari kerja saja, tetapi juga orang tua atau mertua. Itu semuanya sangat menghormati dan mengakui PNS, karena dianggap status pekerjaan paling stabil,” jelas dia.

Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Aplikasi dan Website Cari dan Promosi Kos Online di Ambon, Maba Wajib Catat!

12 Agustus 2022 - 11:51 WIT

Aplikasi dan Website Cari dan Promosi Kos Online di Ambon, Maba Wajib Catat!

Ka.Kanwil Kemenag Maluku Launching Aplikasi SimBa

10 Juni 2022 - 10:21 WIT

Permintaan Kredit di Bank Maluku Cabang Masohi Meningkat

26 April 2022 - 09:22 WIT

Kepala Cabang Bank Maluku di Masohi, Maluku Tengah, Hany Salampessy saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (25/4/2022).

Bayar Angkot Pakai QR Code, Penumpang Wajib Punya Smartphone

26 Oktober 2021 - 17:06 WIT

Hati-Hati, Ada Injeksi Script Dipasang Indihome Untuk Pantau Data Pengguna

2 Oktober 2021 - 09:37 WIT

Hati-Hati, Ada Injeksi Script Dipasang Indihome Untuk Pantau Data Pengguna

Bug Hunter Asal Maluku dapatkan Reward $1000 setelah Temukan Celah di Aplikasi Facebook

2 Oktober 2021 - 09:37 WIT

Bug Hunter Asal Maluku dapatkan Reward Facebook
Trending di Teknologi