Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Teknologi · 10 Jun 2022 10:21 WIT ·

Ka.Kanwil Kemenag Maluku Launching Aplikasi SimBa


 Ka.Kanwil Kemenag Maluku Launching Aplikasi SimBa Perbesar

Ka.Kanwil Kemenag Maluku H. Yamin melaunching Aplikasi SimBa di hotel Elizabeth Ambon, Kamis (9/6/2022).

Ambon, SALAWAKU – Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I membuka kegiatan Penguatan Cara Pandang dan Perilaku Jalan Tengah Umat Buddha di Hotel Elizabeth Ambon, Kamis (9/6/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Maluku turut dirangkaikan dengan Launching Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bimas Buddha (SimBa) yang dilakukan oleh Ka.Kanwil Kemenag Maluku didampingi Widyaiswara Ahli Madya Pusdiklat Tenaga Administrasi Kemenag RI Dr. Hj. Ispawati Asri, MM beserta pejabat eselon III lingkup Kanwil Kemenag Maluku.

Ka.Kanwil Kemenag Maluku H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Penguatan Cara Pandang dan Perilaku Jalan Tengah Umat Buddha karena sangat penting dan strategis dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang moderat.

Dikatakan, cara pandang dan perilaku jalan tengah atau moderasi beragama harus dipahami sebagai komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan yang paripurna, dimana setiap warga masyarakat, apapun agama, suku, ras, etnik, budaya harus membuka diri untuk saling mendengarkan satu sama lain, serta saling belajar melatih kemampuan mengelatasi masalah.

“Cara pandang dan perilaku jalan tengah atau moderasi sangat erat kaitanya dengan menjaga kebersamaan, memiliki sikap tenggang rasa, saling menghormati, saling menghargai satu dengan lainnya yang merupakan warisan leluhur dari bangsa Indonesia,” kata Ka.Kanwil

Pada kesempatan tersebut, Ka.Kanwil menyambut baik adanya layanan berbasis digital yang digagas oleh Pembimas Buddha yaitu Sistem Informasi Manajemen Bimas Buddha (SimBa) karena mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi dan layanan yang yang dibutuhkan masyarakat.

“Selaku Ka.Kanwil saya mendukung implementasi aksi perubahan yang dilakukan Pembimas Buddha yang juga merupakan salah satu program prioritas Menteri Agama yaitu Transformasi Digital, diharapkan aplikasi ini terus dikembangkan dan bisa berjalan secara efektif, efesien dan akuntabel,” harap Ka.Kanwil

Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Maluku Sujiyanto, S.Ag, MM dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk merumuskan kesepahaman dalam menjalankan keberagaman yang moderat bagi umat Buddha, serta membahas permasalahan yang terjadi di masyarakat terkait moderasi beragama.

Selain itu merumuskan solusi atas permasalahan yang terjadi di intern umat Buddha, membahas dan menemukan solusi tentang isu actual yang terjadi dikalangan umat Buddha dan kehidupan beragama, dan melaunching Sistem Informasi Manajemen Bimas Buddha (SimBa) sebagai wujud implementasi program Menteri Agama yaitu Transformasi Digital.

Turut hadir, Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku H. M. Yasir Rumadaul, S.Ag, M.Pd.I beserta pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku dan pimpinan Lembaga Keagamaan Buddha Maluku. (RS)

Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Aplikasi dan Website Cari dan Promosi Kos Online di Ambon, Maba Wajib Catat!

12 Agustus 2022 - 11:51 WIT

Aplikasi dan Website Cari dan Promosi Kos Online di Ambon, Maba Wajib Catat!

Ratusan CPNS Tahun 2022 Mengundurkan Diri, Beralih Profesi Menjadi Pebisnis Startup dan Konten Creator

19 Juni 2022 - 13:24 WIT

Permintaan Kredit di Bank Maluku Cabang Masohi Meningkat

26 April 2022 - 09:22 WIT

Kepala Cabang Bank Maluku di Masohi, Maluku Tengah, Hany Salampessy saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (25/4/2022).

Bayar Angkot Pakai QR Code, Penumpang Wajib Punya Smartphone

26 Oktober 2021 - 17:06 WIT

Hati-Hati, Ada Injeksi Script Dipasang Indihome Untuk Pantau Data Pengguna

2 Oktober 2021 - 09:37 WIT

Hati-Hati, Ada Injeksi Script Dipasang Indihome Untuk Pantau Data Pengguna

Bug Hunter Asal Maluku dapatkan Reward $1000 setelah Temukan Celah di Aplikasi Facebook

2 Oktober 2021 - 09:37 WIT

Bug Hunter Asal Maluku dapatkan Reward Facebook
Trending di Teknologi