Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Pemerintahan · 20 Agu 2022 17:27 WIT ·

Gubernur Maluku Bersama Forkopimda dan Instansi Vertikal Ikut Cicipi Makanan Berbahan Dasar Sagu


 Gubernur Maluku Bersama Forkopimda dan Instansi Vertikal Ikut Cicipi Makanan Berbahan Dasar Sagu Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Gubernur Maluku Murad Ismail bersama pimpinan Forkopimda Maluku dan instansi vertikal ikut mencicipi makanan berbahan dasar sagu saat kegiatan pemecahan Rekor MURI dunia sajian makanan olahan sebanyak 500 menu dari bahan sagu di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (20/8/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Maluku Murad Ismail. Sementara hadir membacakan doa Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I.

Pemecahan rekor MURI dirangkaikan dengan Pagelaran Pangan Lokal dan Pameran UMKM dalam rangka memperingati HUT ke-77 Provinsi Maluku.

Ratusan resep makanan berbahan dasar sagu ini merupakan hasil kreatifitas Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Maluku.

Ratusan resep berbahan dasar sagu ini beragam jenis dari makanan basah, kering hingga minuman juga dikreasikan dari sagu dengan diberi nama unik, seperti Balagu yang artinya Bola-bola Sagu, atau juga Bola Kanes. Tak hanya nama yang unik, Ibu-ibu TP PKK Maluku juga mempertimbangkan kadar gizi saat menciptakan olahan makanan ini.

Direktur Operasional MURI, Yusuf Madri mengatakan penyajian sagu terbanyak ini tak hanya berskala Nasional, namun memecahkan rekor dunia. Setelah sebelumnya dipecahkan oleh Provinsi Riau dengan menyajikan 396 olahan sagu.

“Ini memecahkan rekor dunia karena dimanapun tak ada yang bisa menyajikan olahan sagu sebanyak ini,” kata Madri.

Madri berharap, kegiatan ini dapat menggelorakan semangat warga Maluku mengkonsumsi sagu sebagai bahan pokok. Juga memacu daerah lain di Indonesia agar berinovasi dalam menciptakan kreasi baru pengolahan makanan pokok lainnya.

“Hari ini untuk menggelorakan semangat masyrakat Maluku untuk kembali mengkonsumsi sagu sebagai bahan makan pokok Maluku. Semoga masyarakat daerah lain juga bisa berinovasi mengkreasikan menu baru dari pangan lokal yang ada,” tandasnya. (RS)

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama

15 Januari 2023 - 08:41 WIT

Kemenag Maluku Gelar Upacara Memperingati HAB ke-77

3 Januari 2023 - 15:31 WIT

Ka.Kanwil Kemenag Maluku Pimpin Upacara Ziarah Dalam Rangka HAB ke-77

2 Januari 2023 - 20:14 WIT

Pemprov Maluku Buat Pasar Murah keliling di 27 titik

12 Desember 2022 - 23:24 WIT

Biro Ortala Kemenag RI Gelar Giat Evaluasi Informasi Faktor Jabatan di Maluku

28 November 2022 - 12:22 WIT

Ka.Kanwil Kemenag Maluku Pimpin Upacara Hari Santri Nasional di Ponpes Hidayatullah Liang

22 Oktober 2022 - 17:37 WIT

Trending di Daerah