Beranda Budaya 5 Hal Mistis di Maluku yang Dipercaya Masih Eksis

5 Hal Mistis di Maluku yang Dipercaya Masih Eksis

127
0
5 Hal Mistis di Maluku yang Dipercaya Masih Eksis
5 Hal Mistis di Maluku yang Dipercaya Masih Eksis

5 Hal Mistis di Maluku yang Dipercaya Masih Eksis – Indonesia merupakan negara kepulauan yang mencakup lebih dari 17.000 pulau yang dihuni oleh sekitar 255 juta penduduk, sebuah angka yang membuat Indonesia menjadi negara di urutan keempat dalam hal negara dengan jumlah populasi yang terbesar di dunia.

Angka ini juga mengimplikasikan bahwa banyak keanekaragaman budaya, etnis, agama maupun linguistik yang dapat ditemukan di dalam negara ini.

Setiap suku/daerah di Indonesia pasti memiliki tradisi dan budayanya masing – masing. Seperti di Maluku, hal – hal unik berbau mistis maupun supranatural ternyata masih eksis hingga sekarang padahal jaman sudah sangat moderen.

Terlepas dari perkembangan jaman tersebut, ada baiknya kita mengetahui 8 Hal Mistis di Maluku yang Dipercaya Masih Eksis di bawah ini :

1. Pakatang

Ket : Gambar Ilustrasi

Pakatang atau sejenis jimat dapat berupa batu, kain, akar – akar tanaman dll sering digunakan orang Maluku jaman dahulu untuk membantu proses bekerja dan termasuk dalam kategori barang – barang adat (pusaka adat).

Khasiat pakatang paling populer adalah kebal atau tidak mempan dengan senjata tajam, sering diterapkan orang Maluku dalam berperang.

Seiring perkembangan jaman, orang – orang mulai memilih hidup modern dan mulai meniggalkan barang – barang tersebut, tapi ada saja orang – orang jahat dan iseng yang menyalahgunakan barang – barang ini untuk kepentingan diri sendiri seperti memikat perempuan, membantu usaha laris manis, hingga bentrok bakupukul dengan orang lain.

2. Wujud Leluhur Tiap Mata Rumah

Ket : Gambar Ilustrasi

Percaya atau tidak, setiap mata rumah (marga) orang maluku memiliki nenek moyang masing – masing yang kadang menginterfensi dunia nyata dengaan wujud – wujud tertetntu seperti manusia tua dll dan hanya orang-orang tertentu di Maluku terpilih yang bisa mengenali nenek moyang mereka serta mampu membedakan mana roh jahat dan mana roh baik dalam wujud – wujud tersebut.

3. Suanggi

Ket : Gambar Ilustrasi

Hal ini merupakan 100% praktek ilmu hitam karena suanggi sebenarnya adalah manusia yang melakukan ritual pada iblis.

Suanggi akan melakukan tarian khusus di bawah bulan purnama hingga pada proses pelepasan kepala dari tubuh kemudian mencari bayi atau anak – anak untuk dimakan bagian tubuh mereka.

Biasanya suanggi ada di daerah – daerah perkampungan seperti di pedalaman . Hal ini berarti eksistensi mereka masih tetap ada sekalipun jaman sudah sangat modern

4. Botol Manci

Ket : Gambar Ilustrasi

Botol manci merupakan sosok supranatural yang katanya hanya ada di Maluku. Ciri – ciranya seperti orang kerdil menggunakan topi dan sangat menyukai bola (pimpong, kasti, volly dll) dan sering bergerombolan, berbicara dengan manusia seperti biasa – biasa saja dan karena memang tidak menakutkan tetapi sebagian orang percaya ada botol manci ada yang sangat jahat yang tidak bisa diajak kompromi.

Konon botol manci merupakan bangsa makhluk halus kerdil yang memiliki daerah kekuasaan yang menjadi tempat tinggal mereka.

5. Bahasa Tanah

Ket : Gambar Ilustrasi

Bahasa Tanah atau bahasa asli orang Maluku ini tidak untuk dipelajari secara detail atau dipublikasikan karena ini sangat amat rahasia.

Hanya orang – orang tertentu yang bisa berbahasa tanah dengan benar, anehnya bahasa ini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang.

Dengan kata lain, seseorang hanya akan bisa berbahasa tanah jika ia layak untuk menerima warisan tersebut. Konon Bahasa Tanah ini juga biasa dipakai sebagai alat komunikasi dengan leluhur