Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Daerah · 22 Okt 2022 17:37 WIT ·

Ka.Kanwil Kemenag Maluku Pimpin Upacara Hari Santri Nasional di Ponpes Hidayatullah Liang


 Ka.Kanwil Kemenag Maluku Pimpin Upacara Hari Santri Nasional di Ponpes Hidayatullah Liang Perbesar

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku menggelar Upacara Hari Santri Nasional di Ponpes Hidayatullah Liang, Maluku Tengah, Sabtu (22/10/2022).

 

Malteng, Inmas – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku menggelar Upacara Hari Santri Nasional di Ponpes Hidayatullah Liang, Maluku Tengah, Sabtu (22/10/2022).

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku H. Yamin, S.Ag., M.Pd.I. Adapun peringatan hari santri tahun ini mengisi tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”

Seperti tahun sebelumnya, para peserta upacara laki-laki memakain kain dan kopiah hitam sementara perempuan memakain jilbab panjang dan kerudung layaknya satri dan santriwati.

Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I saat membacakan sambutan tertulis Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk Bangsa dan Negara.

“Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” imbuhnya.

“Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT,” pungkasnya.

Upacara turut dirangkaikan dengan penyerahan sejuta sarung dari Ka.Kanwil dan pimpinan tokoh agama untuk santri Baitul Mall Hidayatullah (BMH) sebagai wujud dukungan kepada santri sebagai generasi dan atraksi silat dan karate oleh anak-anak pesantren.

Turut hadir, Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo, Ketua Muhammadiyah Maluku Abd. Latua, Ketua Mathla’ul Anwar Provinsi Maluku Abdul Kadir El, Kepala Kemenag kota Ambon H.R.A. Fachrurrozy Hasanusi dan jajaran, pejabat eselon III dan Sub Koordinator Maluku lingkup Kanwil Kemenag Maluku, pimpinan Ponpes Hidayatullah dan Ponpes Al-Ansor, pihak Bank dan tamu undangan lainnya. (RESI)

Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama

15 Januari 2023 - 08:41 WIT

Kemenag Maluku Gelar Upacara Memperingati HAB ke-77

3 Januari 2023 - 15:31 WIT

Ka.Kanwil Kemenag Maluku Pimpin Upacara Ziarah Dalam Rangka HAB ke-77

2 Januari 2023 - 20:14 WIT

Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon

28 Desember 2022 - 15:27 WIT

Pemerintah Diminta Pertimbangkan Pemulangan Pengungsi Kariu

18 Desember 2022 - 00:26 WIT

Pemprov Maluku Buat Pasar Murah keliling di 27 titik

12 Desember 2022 - 23:24 WIT

Trending di Pemerintahan