Berikan Bimbingan Manasik Haji, H. Yamin Minta Jemaah Haji Persiapkan Mental

- Penulis Berita

Senin, 17 Oktober 2022 - 15:02 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I membuka kegiatan Bimbingan Manasik Haji Reguler Sepanjang Tahun di Aula Kemenag Kabupaten Buru, Senin (17/10/2022). Foto: Resi Sahubawa

Buru, Inmas – Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I membuka kegiatan Bimbingan Manasik Haji Reguler Sepanjang Tahun di Aula Kemenag Kabupaten Buru, Senin (17/10/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan Kemenag Kabupaten Buru dengan mengambil tema “Mewujudkan Jamaah Haji Mandiri Untuk Meraih Haji Yang Mabrur” turut dihadiri, Kabid Bimas Islam sekaligus Plt. Kabid PHU, M. Rusydi Latuconsina, S.Ag, Ketua GP Ansor Maluku Ridwan Nurdin, Ketua DPRD Kabupaten Buru M. Rum Soplestuny, pimpinan OPD Kabupaten Buru terkait, Ketua MUI Kabupaten Buru Ustd. Awat, pimpinan Satker Kemenag Kabupaten Buru dan puluhan jemaah haji Kabupaten Buru.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Bimbingan Manasik Haji Reguler Sepanjang Tahun di Kemenag Kabupaten Buru dengan harapan pelaksanaan ibadah haji semata hanya karena Allah SWT.

Dikatakan, manasik haji sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji, untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam serta proses perjalanan haji.

Manasik haji merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kualitas ibadah haji. Hal ini dimaksudkan untuk menambah bekal bagi para jamaah terutama yang menyangkut masalah syarat, rukun dan tata cara beribadah haji yang benar sesuai syariat Islam.

“Manasik haji merupakan bimbingan dan pengenalan tata cara menunaikan ibadah haji dan juga merupakan sarana untuk menambah pengetahuan bagi jemaah haji,” terangnya.

“Dengan manasik ini saya minta kepada jamaah agar digunakan dengan sebaik-baiknya, bagi para jamaah haji,” sambung Ka.Kanwil

Ka.Kanwil juga meminta kepada para jamaah haji yang mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji agar selalu bersyukur serta dapat menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya, baik persiapan fisik maupun mental serta sucikan diri agar haji berjalan dengan lancar.

“Persiapkan fisik dan mental, serta ilmu tentang pemahaman bagaimana cara pelaksanaan haji yang benar sesuai aturan pemerintah, sebab hanya dengan cara demikian, para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan menjadi haji mabrur,” kata Ka.Kanwil

Pada kesempatan tersebut, Ka.Kanwil meminta doa dari para jemaah haji Buru agar Embarkasi Haji Antara (EHA) Maluku ditetapkan pada tahun depan, sehingga pelaksanaan haji berjalan maksimal dan juga peningkatan kuota jemaah haji.

Kepala Kemenag Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, S.Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat datang bagi Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dan rombongan di Kabupaten Buru.

Dikatakan, penyelenggara haji di Kabupaten Buru sampai saat ini sangat berjalan baik, namun perlu adanya peningkatan pelayanan haji dengan bersinergi dengan semua stakeholder seperti di Kanwil Kemenag Maluku.

“Penyelenggara haji di Provinsi Maluku harus menjadi percontohan dan harapan kami EHA Maluku dapat terwujud demi pelayanan haji semakin baik,” pungkas Wael

Untuk diketahui, sebelum memberikan manasik haji kepada jemaah haji, Ka.Kanwil disambut didepan Kantor Kemenag Buru dengan memakai Lestari.(RESI)

Berita Terkait

Festival Ramadan Bikin Asik Berdayakan UMKM Di Ambon
Nakes RSUD Dr Haulussy Ambon Bakal Terima Uang Jasa Covid-19
Wakil Jaksa Agung Beri Pengarahan Pegawai Kejati Maluku 
Pj Walikota Jumpa Warga Hatalai
Anggota Saniri Negeri Hatalai Diresmikan
100 Warga Negeri Hatalai Terima Bantuan PKH 
Pemkot Ambon dapat nilai PPD terendah dari 11 Kab/Kota se-Maluku
Penjabat Bupati Maluku Tengah DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si Hadiri Kegiatan Gapoktan Haruo Jaya Rutah
Berita ini 52 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 23 Maret 2024 - 19:11 WIT

Festival Ramadan Bikin Asik Berdayakan UMKM Di Ambon

Selasa, 5 Maret 2024 - 16:16 WIT

Nakes RSUD Dr Haulussy Ambon Bakal Terima Uang Jasa Covid-19

Sabtu, 3 Februari 2024 - 00:23 WIT

Wakil Jaksa Agung Beri Pengarahan Pegawai Kejati Maluku 

Rabu, 31 Januari 2024 - 21:01 WIT

Pj Walikota Jumpa Warga Hatalai

Rabu, 31 Januari 2024 - 20:49 WIT

Anggota Saniri Negeri Hatalai Diresmikan

Rabu, 31 Januari 2024 - 20:24 WIT

100 Warga Negeri Hatalai Terima Bantuan PKH 

Senin, 22 Januari 2024 - 19:11 WIT

Pemkot Ambon dapat nilai PPD terendah dari 11 Kab/Kota se-Maluku

Senin, 22 Januari 2024 - 13:21 WIT

Penjabat Bupati Maluku Tengah DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si Hadiri Kegiatan Gapoktan Haruo Jaya Rutah

Berita Terbaru

Politik

Amankan 3 Poin, Dreizehn 2013 “Libas” Veertien 3-2

Rabu, 17 Apr 2024 - 22:43 WIT

Politik

“Hantam HL” Castigator Melaju ke Semifinal TAC LA 2024

Rabu, 17 Apr 2024 - 21:46 WIT

oplus_2

Politik

Gubernur & Istri Hadiri Halal Bi Halal Kanwil Kemenag Maluku

Jumat, 12 Apr 2024 - 18:51 WIT

Politik

Personil Polresta Amankan Sholat Idul Fitri di Ambon

Jumat, 12 Apr 2024 - 10:39 WIT