Beranda Daerah Hanya 285 Orang Kuota CPNS Pemkot Ambon di 2019

Hanya 285 Orang Kuota CPNS Pemkot Ambon di 2019

12422
0
Pendaftaran CPNS Kota Ambon Dimulai September 2019, Ini Syaratnya

Penerimaan CPNS dan PPPK Kota Ambon Dimulai September 2019, Ini Syaratnya – Kepala Badan Kepegawaian dan SDM (BKPSDM) Kota Ambon, Benny Selanno mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memprioritaskan pegawai honorer K2 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guna memenuhi sejumlah kebutuhan tenaga teknis termasuk formasi kusus yang hingga saat ini belum terisi.

Pemkot Ambon, telah menyampaikan usulan formasi CPNS 2019 ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) dan sesuai rencana pengumumannya akan disampaikan pada September dan Oktober 2019.

Pemerintah kota kata Selanno, telah mengirimkan usulan berdasarkan surat Menpan yang ditentukan untuk alokasi formasi PPPK sebanyak 70 persen dan formasi umum 30 persen.

Dikatakan Benny, sesuai usualan kurang lebih 300 formasi telah disampaikan ke pemerintah pusat, sementara pengangkatannya akan dilakukan terpisah yakni kusus untuk formasi PPPK sebanyak 70 persen direncanakan akan dilakukan pada pertengahan Agustus atau awal bulan September.

Sementara untuk pengangkatan formasi umum 30 persen direncanakan pengangkatannya dilakukan pada bulan Oktober 2019.

Sesuai kebutahan khusus untuk formasi murni 30 persen, kata Selanno tenaga yang paling dibutuhkan diantaranya tenaga teknik sipil, sarjana hukum, akutansi dan dokter.

Selano mengimbau masyarakat terutama untuk para calon pencari kerja tidak mudah percaya dengan informasi mengenai penerimaan CPNS di Pemkot Ambon dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Oleh karena itu informasi dan kabar mengenai peneriaman serta pengangkatan CPNS, dapat diketahui melalui website resmi pemerintah kota Ambon atau langsung mendatangi kantor BKD, sehingga bisa mendaptkan penjelas yang sebenarnya

“Formasi CPNS akan dikelompokan dalam rincian seperti formasi khusus lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude) dan khusus penyandang disabilitas, kita tunggu waktu saja akan diumumkan,” katanya.

Richard menjelaskan, pihaknya juga melaksanakan penerimaan P3K sesuai komitmen pemerintah pusat untuk menyelesaikan P3K secara keseluruhan dalam lima tahun.

“Alokasi pembiayaan tenaga P3K masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ujarnya.

Seleksi P3K katanya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Dokumen Persyaratan Pendaftaran CPNS dan PPPK 2019

Kendati pendaftaran CPNS 2019 belum dibuka, namun sebaiknya Anda yang berminat mendaftar agar menyiapkan sejumlah dokumen penting sejak dini.

Hal ini mengacu pada pendaftaran CPNS 2018. Saat ini BKN tengah mempersiapkan segala sesuatu, termasuk menunggu formasi dari pengajuan daerah.

Untuk tenaga profesional, persyaratan atau dokumen yang bisa dipersiapkan sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
  3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
  4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:

  1. Materai Rp 6.000
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi ijazah/STTB
  4. Fotokopi ijazah SD
  5. Fotokopi ijazah SLTP
  6. Fotokopi ijazah SLTA. (*