Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 3 Jan 2022 14:22 WIT ·

Wagub Maluku Pimpin Upacara HAB ke-76 Kemenag


 Wagub Maluku Pimpin Upacara HAB ke-76 Kemenag Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno memimpin Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Senin (3/1/2022).

HAB ke-76 mengusung tema ” Transformasi Layanan Umat” turut dihadiri Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimuri, pejabat Forkopimda Maluku, pimpinan tokoh agama, mitra Kemenag Maluku, pimpinan PTKN, Ka.Kankemenag Kota Ambon, pejabat eselon III lingkup Kanwil Kemenag Maluku.

Selaku Inspektur Upacara, Wakil Gubernur Maluku membacakan pidato tertulis Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Disebutkan Menag, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi
pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman serta pengamalan ajaran agama untuk mewujudkan tatanan
kehidupan beragama yang toleran bagi
semua.

“Pada setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai KICK OFF pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan,” terang Menag.

Menag menegaskan, Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, serta
Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

Hal tersebut disebut Menag, dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat beragama dari 82,52 pada tahun 2020
menjadi 83,92 pada tahun 2021.

“Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019
menjadi 78,90 pada tahun 2021,” ungkap Menag

Menag mengatakan, Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

“Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya,” urai Menag lewat sambutan tertulisnya yang dibacakan Wagub.

Selanjutnya Menag memaparkan, Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

“Kita semua memahami, prestasi yang telah dicapai oleh Kementerian Agama, merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kementerian Agama serta saudara sekalian. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap pegawai
Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama,” ujarnya.

Menag menyampaikan, sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

Mengakhiri pidatonya, Menag menaruh harapan besarnya agar di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan, dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

“Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama,” pintanya

Upacara HAB ke-76 turut dirangkaikan dengan Penyerahan Satya Lencana 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun kepada 164 ASN kemenag Maluku yang diterima secara simbolis oleh tiga perwakilan ASN Kemenag Maluku oleh Wakil Gubernur Maluku. (RS)

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan