Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:37 WIT ·

Tumbuhan Paling Beracun di Dunia Ini Ada di Maluku


 Tumbuhan Paling Beracun di Dunia Ini Ada di Maluku Perbesar

Tumbuhan Paling Beracun di Dunia Ini Ada di Maluku

Maluku merupakan salah satu Provinsi di Indonesia Bagian Timur dengan penghasil rempah terbaik di Nusantara maupun dunia.

Maluku merupakan daerah Kepulauan yang memiliki luas luas wilayah laut lebih besar dari luas darat dan memiliki 1.340 Pulau dan kaya akan Budaya dan Tradisi.

Baca Juga : MA’ATENU Tradisi Uji Kekebalan Senjata Tajam di Desa Pelauw

Banyaknya Pulau Pulau di Maluku membuat daerah ini kaya kaan Sumber Daya Alam yang melimpah, salah satunya rempah-rempah (cengkeh dan pala) yang menjadi icon Maluku.

Tumbuhan Paling Beracun di Dunia

Di Maluku ada berbagai jenis tumbuhan yang hidup yang dijadikan masyarakat sebagai obat tradisional, selain sebagai pengobatan di Provinsi Maluku juga terdapat tanaman yang paling beracun di dunia.

Gympie-gympie (Dendrocnide moroides) namanya cukup lucu namun jangan salah menilai tanaman ini , karena tanaman ini diakui paling beracun di Dunia yang ada di Maluku.

Gympie-gympie  merupakan tumbuhan liar yang tingginya bisa mencapai dua meter. Daunnya berwarna hijau berbentuk hati. Tanaman ini juga berbuah, warnanya ungu dan

Hampir semua bagian tumbuhan ini ditumbuhi bulu-bulu halus yang mirip jarum kecil yang digunakan untuk menyengat dan menyalurkan racun mematikan ke tubuh korbannya.

Jika ada yang menyentuh tumbuhan beracun ini, maka bulu halus itu masuk ke kulit dan mengeluarkan racun, racun yang dihasilkan oleh bernama moroidin.

Efek yang dirasakan ketika tersengat racun tumbuhan ini, akan ada rasa seperti terbakar yang semakin lama semakin sakit. Setelah itu, akan muncul rasa sakit di persendian.

Rasa sakit yang disebabkan oleh gympie-gympie bisa bertahan hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, untuk itu bagi yang suka pergi ke hutan agar lebih berhati-hati agar tidak menyentuh tanaman liar yang paling beracun di dunia tersebut.


Artikel ini telah dibaca 346 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan