Sampah di Maluku Bahayakan Transportasi Laut

68
0

Ambon, SALAWAKU– Sampah di perairan Maluku, membahayakan keselamatan transportasi laut khususnya speed boat dan perahu motor yang melayani Pulau Ambon dengan pulau di sekitarnya.

Salah seorang pengemudi speed boat yang melayani rute Tulehu -Kailolo, Kabupaten Maluku Tengah, M. Marsy mengatakan mesin speed boatnya sering mati mendadak dalam perjalanan karena baling-balingnya dipenuhi dengan sampah yang mengapung di perairan antara Puluau Ambon dan Pulau Haruku.

Bahkan, pernah speed boat yang digunakan mengangkut penumpang dari Tulehu – Kailolo nyaris terbalik akibat menabrak sampah berupa dahan kahyu dan berbagai jenis sampah padat lainnya yang mengapung di perairan dan tidak terlihat dari kejauhan.

M. Marsy mengharapkan kepada Pemerintah untuk mengatasi banyaknya sampah yang mengapung di perairan tersebut, selain itu beliau meminta adanya kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut, terutama usai hujan deras yang dibuang warga setempat melalui sejumlah kali yang bermuara ke laut.