Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 12 Mar 2022 11:21 WIT ·

Pendaftaran Balon Ketua Umum IPPMAP Periode 2022-2025 Mulai Dibuka, Ini Syaratnya


 Pendaftaran Balon Ketua Umum IPPMAP Periode 2022-2025 Mulai Dibuka, Ini Syaratnya Perbesar

Ambon, SALAWAKU – MOSONIPI atau Musyawarah Besar Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Pelauw (IPPMAP) periode 2022-2025 baru akan dilaksanakan pada 26 dan 27 Maret nanti. Meski begitu, suasana pesta demokrasi untuk memilih Ketua Umum paguyuban kepemudaan masyarakat Pelauw seluruh Indonesia itu sudah bisa dirasakan dalam beberapa hari kedepan.

Panitia Mosonipi baru saja merilis jadwal dan tahapan menuju perhelatan akbar demokrasi pemuda Pelauw tersebut, diawali dengan pembukaan pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum mulai, 11-20 Maret mendatang.Sepuluh hari adalah waktu yang cukup panjang bagi para kandidat dan tim sukses untuk melakukan persiapan.

Ketua Steering Committee Mosonipi IPPMAP, Irma Lusita Latuconsina dalam rilisnya kepada media ini, Sabtu (12/3/2022) mengatakan, sejatinya jadwal pembukaan pendaftaran dilakukan sejak awal pekan kedua bulan Maret, tapi, karena ada perdebatan yang cukup alot terkait syarat-syarat Ketua Umum di internal Steering Committee memaksa jadwal pembukaan pendaftaran itu baru bisa dirilis oleh mereka.

“Alhamdulillah akhirnya kami sepakat untuk memulai semua ini di hari Jumat. Kebetulan Jumat juga hari yang sangat baik,” kata Irma Lusita.

Irma menambahkan, formulir pendaftaran sudah bisa didapatkan oleh para kandidat semenjak pendaftaran itu dibuka.

“Para kandidat bisa langsung mendaftar dan mengambil formulir pendaftaran hari ini juga,” katanya.

Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Jakarta ini menambahkan, ada beberapa syarat penting yang harus diperhatikan oleh para kandidat atau para tim sukses yang ingin mendaftarkan jagoannya dalam bursa pemilihan orang nomor satu di IPPMAP tersebut. Itu tidak lain, karena ada pembaharuan sejumlah syarat yang dilakukan oleh kepanitiaan.

Misalnya, lanjut Irma, syarat usia yang mengalami perubahan cukup signifikan, yaitu mulai dari 16 tahun dan maksimal 45 tahun. Itu berbeda dengan Mosonipi sebelumnya di mana batas usia maksimal kandidat Ketua Umum masih di level usia 50 tahun. Peremajaan usia tersebut adalah tahapan menjadikan IPPMAP sebagai organ kepemudaan yang sesungguhnya.

Irma menjelaskan, bila berkaca dari Undang-Undang Kepemudaan, batas usia maksimal pemuda itu ada di kisaran 30-40 tahun. Dan, IPPMAP saat ini sedang menuju ke tahapan yang ideal tersebut.

“Jadi, ini adalah masa-masa transisi, sehingga kami pun masih memberikan kesempatan kepada kader potensial yang usianya sudah di atas 40 tahun,” tegasnya.

Nah, berikut adalah syarat lengkap untuk menjadi Ketua Umum IPPMAP periode 2022-2025. Masing-masing adalah, bertakwa kepada Allah SWT, berasal atau memiliki keturunan dari Pelauw, berusia 16 sampai 45 tahun, direkomendasikan oleh minimal 2 DPD atau DPC aktif, berintegritas dan berkpribadian baik, bebas dari penggunaan Narkoba.

Selain itu, para kandidat diutamakan pernah menjadi pengurus IPPMAP minimal dalam satu periode kepengurusan, memasukan biodata diri dan pas foto satu lembar ukuran 4X6 dengan latar belakang biru, melampirkan visi dan misi serta strategi kebijakan dalam memajukan organisasi dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah, bersedia menyampaikan visi misinya terebut dalam bahasa adat Pelauw.

Seperti yang diketahui, Mosonipi IPPMAP tersebut seharusnya digelar pada 2020 lalu. Hanya saja, pandemi Covid-19 yang menghantam seluruh dunia memaksa agenda tersebut harus tertunda. Apalagi, selama pandemi pemerintah melarang keras masyarakat beraktivitas dan berkerumun dalam jumlah yang banyak. Berikut Adalah 10 Syarat Calon Ketua Umum IPPMAP 2022-2025:

  1. Bertakwa Kepada Allah SWT
  2. Berasal atau memiliki Keturunan dari Pelauw
  3. Berusia 16-45 Tahun (Bukti KTP)
  4. Direkomendasikan oleh minimal 2 DPD atau DPC yang aktif
  5. Berintegritas dan Berkepribadian Baik
  6. Bebas dari Penggunaan Narkoba (Bukti Hasil Lab)
  7. Diutamakan pernah menjadi pengurus IPPMAP Minimal Satu Periode
  8. Memasukan Biodata Diri dan Pas foto ukura 4×6 dengan Latar Belakang Biru
  9. Melampirkan Visi dan Misi Serta Strategi Kebijakan dalam Memajukan Organisasi
  10. Menyampaikan Visi dan Misi Tersebut dalam bahasa Adat Pelauw dalam Forum Mosonipi.

Tahapan Pemilihan Ketua Umum IPPMAP Periode 2022-2025:

  1. 11 Maret : Pembukaan Pendaftaran
  2. 11-20 Maret : Pengambilan dan Pengembalian Formulir
  3. 21-23 Maret : Verifikasi Berkas Bakal Calon
  4. 24 Maret : Penetapan Calon
  5. 25-26 Maret : Kampanye Visi dan Misi Ke Semua DPD dan DPC IPPMAP
  6. 27 Maret : Pemilihan

(RS)

Artikel ini telah dibaca 193 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan