Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 9 Jun 2022 17:49 WIT ·

Mempertahankan Tanah Ulayat, Warga Pelauw Tolak Kembalinya Kariu


 Mempertahankan Tanah Ulayat, Warga Pelauw Tolak Kembalinya Kariu Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Demi mempertahankan Tanah Ulayat, ribuan masyarakat Negeri Pelauw menolak kembalinya Kariu.

Penolakan ini dilakukan dalam aksi damai Aliansi Pemuda Pelauw-Ori Menggugat (APPOM) di Kantor Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (6/6/2022).

Aksi dilakukan sekitar pukul 09.00 WIT diawali dengan aksi long march ribuan masyarakat ke kantor Kecamatan Pulau Haruku menggunakan baju putih dan ikat kepala putih.

Dalam seruan aksi damai yang dipimpin Koordinator Lapangan (Korlap) Dalahaji Tuasikal, masyarakat membawakan sejumlah spanduk besar dan kecil bertuliskan “Menolak Keras Kedatangan Kariu” “Sudah Menjadi Kewajiban Kami Mempertahankan Tanah Adat Ulayat Kami”.

Tuasikal dalam orasinya menegaskan, wilayah tanah UWA RUAL adalah tanah ulayat Negeri Pelauw, bahkan tanah yang ditempati warga Kariu adalah tanah adat milik Negeri Pelauw yang diserahkan oleh leluhur Pelauw kepada beberapa kepala keluarga Kariu.

“Bahwa situs-situs keramat yang tersebar diseluruh hutan Negeri Pelauw adalah simbol jati diri, sehingga siapapun yang merusak atau melecehkan simbol-simbol adat kami harus bertanggungjawab dan menerima sanksi adat dari masyarakat negeri Pelauw maupun sanksi pidana dari negara sesuai hukum yang berlaku,” tegas Tuasikal

Usai melakukan orasi, Tuasikal didampingi beberapa orator aksi menyerahkan ribuan tandatangan petisi penolakan warga Kariu kembali dan tuntutan masyarakat kepada Kepala Kecamatan Pulau Haruku, dan masa aksi damai bubar dengan aman dan tertib. (RS)

Artikel ini telah dibaca 88 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan