Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

KPU Malteng Bantah Terlibat di Musda Golkar


 KPU Malteng Bantah Terlibat di Musda Golkar Perbesar

Ambon, SALAWAKU – KPU Kabupaten Maluku Tengah angkat bicara berkaitan dengan tulisan berjudul “Musda Golkar & Hikmah Untuk Parpol”, dalam akun facebook Liken Letwaru, yang menuding adanya konspirasi KPU Maluku Tengah, Sekretaris KPU Maluku Tengah dan Sekda Kabupaten Maluku Tengah, dalam Musda Golkar Maluku Tengah, 26-27 Agustus 2020.

Ketua KPU Malteng Abdussamad Ningkeula mengatakan, tidak pernah memberikan data kepengurusan Golkar kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah dalam Silon (seharusnya data Sipol) kepada salah satu kandidat Musda Golkar Kabupaten Maluku Tengah.

“Data kepengurusan yang ada dalam Sipol adalah data dari partai politik sebagai peserta Pemilu 2019, yang diserahkan kepada KPU dan di dokumentasikan sebagai bentuk transparansi informasi dalam sistem informasi partai politik atau lazim disebut Sipol untuk kepentingan publik. Sipol dapat diakses dan dikunjungi publik dalam website kpu.go.id ( https://infopemilu.kpu.go.id/pileg2019/verpol/lengkap/131/76096/76284 ) kapan pun,” jelas Ningkeula dalam rilisnya yang diterima media ini, Minggu (30/8).

Pendapat dalam tulisan itu menurut Ningkeula yang menyatakan “Sebab ada dugaan keterlibatan KPU Malteng dalam merongrong Musda Golkar”, dinilai sepihak, tidak berdasarkan fakta, dan cenderung membentuk opini publik yang dapat menurunkan marwah KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu.

“Karena itu, kami telah meminta yang bersangkutan untuk meminta maaf dan memberikan klarifikasi kepada publik, atas tudingan yang tidak berdasar tersebut,” tegasnya

Menurutnya, KPU sama sekali tidak memiliki kewenangan apapun dengan proses pelaksanaan Musda Golkar Malteng. Musda itu murni ranah partai politik, dan tidak pada tempatnya ada pendapat yang menarik-narik KPU dalam hajatan partai politik tersebut.

“Atas postinganya, pemilik akun Liken Letwaru telah kami datangi dan menyampaikan kepada yang bersangkutan atas apa yang ditulisnya adalah tidak benar, dan mengandung fitnah. Kami juga membuka akses Sipol dalam laman website kpu.go.id yang dapat diakses publik secara terbuka. Atas kesalahannya tersebut, yang bersangkutan di hadapan kami bersedia memberikan klarifikasi di akun facebooknya atas tudingan kepada KPU Malteng,” katanya

“Kami mempertimbangkan akan menempuh upaya hukum, apabila yang bersangkutan tidak memberikan klarifikasi. Sebab tudingan tidak berdasar itu, mengandung penistaan dan fitnah melalui media sosial yang dapat disangka melanggar ketentuan pidana dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik.
Demikian untuk menjadi tabayun dan pembelajaran bersama,” tutup Ningkeula. (RS)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan