Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 27 Jan 2022 21:38 WIT ·

Konflik Pelauw (Ori) – Kariu, GMP Desak Polri Tangkap Pelaku Penembakan


 Konflik Pelauw (Ori) – Kariu, GMP Desak Polri Tangkap Pelaku Penembakan Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Garda Maningkamu Pelauw (GMP) mendesak pihak kepolisian untuk menangkap oknum yang melakukan penembakan terhadap enam korban asal Negeri Pelauw akibat konflik Negeri Pelauw, Dusun Ory-Kariu, Rabu (26/1/2022).

“Mengutuk keras insiden penembakan dengan senjata api yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dari masyarakat Negeri pelauw. Kepada pihak yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dalam waktu 3×24 jam harus ditangkap dan diproses secara hukum yang berlaku,” tegas Ketua umum GMP Syahrudin Latuconsina dalam rilisnya yang diterima media ini, Kamis (27/1/2022).

Dikatakan, insiden yang terjadi antar kedua negeri merupakan murni persoalan tapal batas hak tanah ulayat dan tidak ada hubungannya dengan isue SARA.

“Kami mengutuk keras pihak-pihak yang menyebarkan opini dan berita hoax yang mengarah kepada isue SARA,” tandas Latuconsina

Ia juga menghimbau kepada para pihak yang tidak mengetahui akar masalah yang terjadi antar kedua negeri dilarang keras ikut campur dan dilarang menyebarkan berita yang berisi ujaran kebencian, hoax dan fitnah yang menyudutkan masyarakat negeri pelauw.

Meminta kepada Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kabupaten Maluku tengah segera menyelesaikan permasalahan sengketa hak ulayat tanah adat antar kedua negeri ini secepatnya agar insiden seperti ini tidak terulang kembali.

“Kami mendukung penuh seruan dari Pemerintah Provinsi Maluku, dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah serta Kota Ambon agar tetap menjaga suasana tetap aman, damai dan kondusif,” pungkasnya (RS)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan