Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 28 Mar 2022 16:16 WIT ·

Komandan Lantamal IX Ambon Dikukuhkan Gelar Adat Upu Karya Mahisa


 Komandan Lantamal IX Ambon Dikukuhkan Gelar Adat Upu Karya Mahisa Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen Mar. Said Latuconsina diberi gelar dan dikukuhkan menjadi Upu Karya Mahisa.

Pengukuhan dilakukan oleh Upu Karya Samasuru Negeri Kabauw Zainudin Karepesina di Asari Negeri Kabauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (27/3/2022).

Pemberian gelar ini atas rapat bersama Raja Negeri dengan Saniri Pemerintahan Negeri  Kabauw Nomor: 17/25 tahun 2022 tanggal 27 maret 2022.

Raja Negeri Kabauw Karya Zainudin Karepesina mengatakan, pengukuhan Brigjen Said Latuconsina sebagai Upu Karya Mahisa ini atas dasar musyawarah Negeri Kabauw tanggal 23 Maret 2022.

“Pemberian gelar itu karena Jenderal Mar Said Latuconsina dianggap banyak memberikan perubahan bagi regenerasi Negeri Kabauw,” kata Karepesina

Pemberian gemar Upu Mahisa itu berdasarkan lima kriteria, yakni surih dalam kegelapan, peneguk dalam kehausan, penolong bagi orang yang minta tolong, pelindung bagi orang yang minta perlindungan dan memberi dukungan bagi orang meminta.

“Jenderal Said Latucinsina telah memenuhi lima unsur gelar Upu Karya Mahisa oleh masyarakat Negeri Kabauw Samasuru, sehingga mendapatkan gelar ” jelasnya.

Sementara itu Brigjen Mar Said Latuconsina menganggap gelar yang disandang merupakan penghargaan besar yang diberikan masyarakat Negeri Kabauw Samasuru kepadanya.

“Baru saja menyaksikan acara pengukuhan, ini merupakan suatu penghargaan  yang diberikan masyarakat Negeri Kabauw terhadap apa yang dinilai masyarakat kepada saya adalah kinerja memajukan Negeri Kabauw,” ungkapnya.

Baginya, apa yang terlihat sekarang ini merupakan kerjasama yang baik dari para pembina, guru, sosialisasi dari TNI AL terhadap generasi Negeri Kabauw.

“Kita semua berharap bahwa apa yang dilaksanakan selama ini atas kerja sama pembinaan, sosialisai dari TNI AL, sampai berkoordinasi dengan tokoh masyarakat kepada anak-anak didik kita bisa bergabung dengan TNI AL dan mencapai hasil yang baik,” jelasnya.

Dirinya berharap agar generasi kedepan selalu mempersiapkan diri lebih baik lagi dengan meningkatkan kualitas fisik yang baik agar lebih bagus lagi.

“Harapan apa yang diberikan selama ini juga kedepan bisa meningkatkan kualitas dan fisik putra terbaik untuk kedepan labih bagus lagi,” ujarnya. (RS/Infobaru)

Artikel ini telah dibaca 227 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan