KKP Latih 20 Calon Observer Kapal Perikanan di BPPP Ambon

93
0

Ambon, SALAWAKU – Sebanyak 20 orang calon Observer yang akan ditempatkan diatas kapal perikanan mengikuti bimbingan teknis yang dilaksanakan di Balai Pelatihan Perikanan dan Penyuluhan (BPPP) Ambon.

Calon Observer yang mengikuti Bimtek ini merupakan hasil rekrutmen Tahun Ajaran (TA) 2020 yang terseleksi dari kurang lebih 2.500 pelamar.

Rekrutmen tenaga Observer yang merupakan program Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap melalui Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan ini bertujuan untuk membantu mengawal proses pencatatan dan pelaporan data diatas kapal maupun di pelabuhan perikanan.

Kegiatan Bimtek yang akan berlangsung selama lima hari ini dibuka oleh bpk Syahril A. Rauf selaku salah satu Koordinator Fungsional di Dit PSDI mewakili Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan dan dihadiri oleh Kepala BPPP Ambon, Kepala PPN Ambon, para Narasumber, serta mitra pelaksana AP2HI – Mitra Tuna Lestari.

Adapun pengadaan tenaga Observer ini direkrut dalam bentuk perjanjian kerja yang berlaku setiap tahun dan dapat diperpanjang selama menujukan kinerja baik dan sepanjang kebijakan program ini masih berlanjut atau berkesinambungan.

Calon Observer hasil rekrutmen ini diisi oleh para lulusan sekolah perikanan maupun sarjana perikanan dari berbagai daerah di Indonesia dan akan ditempatkan di pelabuhan perikanan maupun perusahaan perikanan yang menjadi titik pengambilan dan pencatatan data.

Program ini merupakan upaya memperoleh dan menyajikan data perikanan yang tepat dan akurat, khususnya data penangkapan dan produksi ikan yang selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan dan informasi lainnya. (RS)