Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Keren, Mahasiswi Asal Maluku Ini Ikut Pemilihan Presiden Pepelingasih 2021-2023


 Nurabia Tuasikal. Foto: Istimewah Perbesar

Nurabia Tuasikal. Foto: Istimewah

Ambon, SALAWAKU – Mahasiswa Universitas Darrusalam (Unidar) Ambon, Maluku berhasil mewakili Provinsi Maluku ke ajang nasional.


Mahasiswi asal Negeri (Desa) Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Malteng itu, yakni Nurabia Tuasikal. Ia adalah mahasiswa S1 Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian Unidar Tahun 2018.

Ia berhasil lolos tiga besar pemilihan Presiden Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Indonesia Periode 2021-2023 melalui rapat zoom meeting pada Sabtu (16/1) oleh para Dewan Juri terkait penilaian presentasi, wawancara dan rekam jejak digital.


Selanjutnya, Nurabia Tuasikal bersama kedua rekannya mempersiapkan kampanye terbuka selama 4 hari terhitung hari ini, Senin (18/1) sampai Kamis (21/1) dan debat terbuka pada Sabtu (23/1).


Pepelingasih merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Kemenpora dalam bentuk pemberdayaan pemuda Indonesia agar memiliki peran dan kontribusi penting dalam memperbaiki kondisi lingkungan, khususnya dalam hal penanganan sampah yang menjadi persoalan disuatu daerah.

“Saya ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena lolos masuk tiga besar Kandidat Presiden Pepelingasih Indonesia Periode 2021-2023 melalui tahapan seleksi yang ketat,” ucap Nurabia Tuasikal kepada media ini, Senin (18/1).

Dikatakan, alasan mengikuti pemilihan ini guna mendapatkan sebuah tuntutan dalam dirinya sendiri untuk melakukan yang terbaik, juga beberapa harapan mengenai lingkungan bisa terealisasi tidak hanya di Provinsi Maluku bahkan di seluruh Indonesia.


“Alasan terpenting juga adalah sebagai bentuk pembelajaran sebagai seorang pemimpin nantinya dan bisa melakukan lebih untuk Indonesia,” kata Tuasikal yang juga pengurus Pepelingasih Indonesia.

Ia mengajak pemuda-pemudi untuk bersama-sama mengatasi permasalahan lingkungan serta turut menciptakan lingkungan yang asri dan bersih.


“Saya juga mengajak semua stakeholder dan masyarakat untuk mendukung saya dalam ajang pemilihan Presiden Pepelingasih Indonesia Periode 2021-2023,” ajak Tuasikal

Berikut Visi dan Misi Nurabia Tuasikal pada pemilihan Presiden Pepelingasih Indonesia Periode 2021-2023.


Visi: Mewujudkan generasi Pepelingasih yang peka terhadap lingkungan, berkontribusi nyata, dan kreatif dalam melakukan perubahan lingkungan di Indonesia


Misi: 1. Menerapkan wajib tumbler sebagai kebiasaan rutin
2. Menciptakan anggota Pepelingasih yang kreatif dan inovatif dalam penanganan sampah plastik.
3. Pepelingasih sebagai agen penggerak atau contoh bagi komunitas komunitas lingkungan di Indonesia dalam mengatasi masalah sampah. (RS)

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan