Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 27 Okt 2022 18:11 WIT ·

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam


 Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam Perbesar

AMBON, SALAWAKU- Seleksi Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) di 118 kecamatan yang tersebar pada 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku telah selesai dilakukan.

Masing-masing kecamatan terdiri dari tiga anggota Panwascam. Tugas mereka nantinya akan mengawasi proses selama tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Namun, masih ada kecamatan yang mengalami kendala khusus. Makanya, kecamatan dimaksud hingga kini hanya terisi oleh satu orang anggota Panwascam.

“Tahapan perekrutan anggota panwascam telah selesai. Tapi khusus untuk kecamatan Wetar Utara di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), hanya masih terisi oleh satu orang. Ini dikarenakan ada kendala khusus,” kata kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Provinsi Maluku, Dr. Stevin Melay kepada wartawan di kantor Bawaslu Maluku, Kamis (27/10/2022)

Dia menjelaskan, sejak tahapan awal perekrutan anggota Panwascam di Kecamatan Wetar Utara, peserta yang mengambil formulir hanya tiga orang.

Ketiga peserta itu mengikuti proses hingga pada tahapan tes tertulis CAT. Ketika sampai pada tahapan tes wawancara, hanya satu peserta yang datang, dua lainnya absen.

“Ini juga karena kendala rentang kendali. Makanya satu peserta yang hadir itulah yang dinyatakan lolos. Dua lainnya gagal,” terangnya

Solusi atas masalah ini, kata Stevin, pihak Bawaslu setempat kemudian mengkomunikasinya ke Bawaslu Provinsi dan ditindaklanjuti ke Bawaslu Pusat.

“Kita sudah berupaya untuk mengambil langkah antisipatif dengan peserta dari kecematan lainnya di MBD, tapi mereka juga tidak mau. Makanya kita tunggu hasil selanjutnya dari Bawaslu RI,” ujarnya

Stevin mengaku optimis masalah ini akan selesai sesuai dengan tahapan Bawaslu. “Untuk masalah ini, kita pastikan akan terselesaikan dalam waktu dekat,” tandasnya

Untuk diketahui, sesuai aturan, jumlah anggota paswancam di Maluku secara total berjumlah 354 orang. Tapi karena kendala khusus di Kecamatan Wetar Utara, MBD, makanya yang terdata hanya 352 orang.

Artikel ini telah dibaca 226 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Pemakzulan Terhadap Ketum BPD HIPMI Maluku Cacat Prosedural

15 September 2022 - 13:17 WIT

Trending di Politik