Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Kemenag Maluku dan IAIN Ambon Melakukan MoU


 Kemenag Maluku dan IAIN Ambon Melakukan MoU Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon melakukan penandatanganan kerjasama/ Memorandum of Understanding (MoU).

MoU tentang pendidikan, pelatihan, penelitian, penerimaan mahasiswa baru dan peningkatan sumber daya manusia dilakukan Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis dan Rektor IAIN Ambon, Zainal Abidin Rahawarin di Gedung BAK Fakultas Syariah IAIN Ambon, Selasa (9/3).

Kakanwil mengatakan, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku bersama seluruh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan lembaga pendidikan madrasah berkomitmen untuk sama-sama mendukung MoU yang pertama kali dilaksanakan kedua lembaga di bawah naungan Kementerian Agama tersebut.

Kakanwil selanjutnya mengintruksikan kepada seluruh Kepala Kantor Kemenag di 11 Kabupaten/Kota dan Kepala Madrasah untuk proses pendidikan berjenjang dapat menjadi komitmen bersama, dari MI lanjut ke MTs, kemudian ke MA dan selanjutnya ke IAIN Ambon.

“Lulusan tahun ini harus kita prioritaskan masuk ke IAIN Ambon, bahkan saya intruksikan juga bagi seluruh Kepala Madrasah agar di setiap kunjungan saya ke berbagai daerah sisipkan silaturahmi saya bersama orang tua murid kelas tiga di tingkat MA, agar kita bisa wujudkan komitmen bersama ini,” tegas Kakanwil.

Sebelumnya, Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin menyatakan MoU Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon merupakan langkah yang sangat strategis di dalam membangun sumber daya manusia di Provinsi Maluku.

“Ini merupakan kali pertama kita melaksanakan MoU secara resmi antara kedua institusi yang berada dibawah lingkup Kementerian Agama di Provinsi Maluku,” jelasnya

Semoga dengan kerjasama ini dapat memberikan harapan-harapan positif dan kamujuan dalam peningkatan sumber daya manusia.

“Harapan kami, kerjasama ini bukan hanya sebuah acara simbolis tetapi dapat diwujud-nyatakan melalui kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Maluku,” harap Rektor.

Kegiatan yang berlangsung secara virtual diikuto Kemenag Kabupaten/Kota se Maluku tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian cenderamata dari Kakanwil Kemenag Maluku kepada Rektor IAIN Ambon dan sebaliknya dari Rektor IAIN Ambon kepada Kakanwil Kemenag Maluku.

Hadir dalam penandatanganan MoU, pejabat eselon III lingkup Kanwil Kemenag Maluku, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Zain Firdaus Kaisupy, para Warek, Dekan, beserta pembantu rektor lainnya. (RS)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan