Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Kanwil Kemenag Maluku Gelar Upacara Hari Santri Dengan Terapkan Protokol Kesehatan


 Kanwil Kemenag Maluku Gelar Upacara Hari Santri Dengan Terapkan Protokol Kesehatan Perbesar

Kanwil Kemenag Maluku Gelar Upacara Hari Santri Dengan Terapkan Protokol Kesehatan

Ambon, SALAWAKU – Upacara Hari Santri ke-6 Tahun 2020 terasa berbeda dari tahun-tanun kemarin, lantaran menerapkan protokol kesehatan. Seluruh tamu undangan dibatasi serta petugas dan peserta upacara diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan.

Kali ini, Upacara Hari Santri yang digelar Kanwil Kemenag Provinsi Maluku bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Shuffah Hizbullah, Dusun Oli, Negeri Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Kamis (22/10).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Plt. Kabag TU H. M. Yasir Rumadaul , S.Ag, M.Pd.I mewakili Kakanwil Kemenag Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag. Sementara komandan upacara Akram Samal.

Peringatan Hari Santri dengan mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” juga dirangkaikan dengan penyerahan bantaun operasional dan pembelajaran daring kepada beberapa Ponpes, Madrasah, dan TPQ. Dan diakhiri dengan pertunjukan silat oleh anak-anak Ponpes.

Plt. Kabag TU saat membacakan sambutan Menteri Agama RI Fachrul Razi mengatakan kita patut bersyukur bahwa kalangan santri memiliki hari yang teramat istimewa, dimana tanggal 22 Oktober telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi Hari Santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 tentang Hari Santri.

“Tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan,” ucapnya

Selain penetapan Hari Santri, santri dan pesantren juga telah memiliki Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Undang-undang ini memberikan afirmasi, rekognisi, dan fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Untuk peringatan Hari Santri tahun ini secara khusus mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali  indonesia, saat ini, tengah dilanda pandemi global Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Tema ini adalah jawaban dari komitmen kita bersama dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren. Saya yakin, jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi Covid-19 ini dengan baik, Insyaallah, negara kita juga akan sehat dan kuat,” kutip Kabag TU dalam sambutan Menteri

Turut hadir Kakankemenag Kabupaten Malteng Hanafi Rumatiga beserta jajaran, Kakankemenag Kota Ambon Zain Firdaus Kaisupy beserta jajaran, pejebat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku beserta tamu undangan lainnya. (RS)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan