Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Kanwil Kemenag Maluku Gelar Uji Kompetensi Jabatan Administrator


 Kanwil Kemenag Maluku Gelar Uji Kompetensi Jabatan Administrator Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Kanwil Kemenag Provinsi Maluku menggelar uji kompetensi jabatan administrator di lingkungan Kanwil Kemenag Maluku.

Kegiatan yang di ikuti oleh pejabat eselon III lingkup Kanwil Kemenag Maluku secara tatap muka dan daring.

Pembukaan pelaksanaan uji kompetensi tersebut berlangsung di Aula Lt. III Kanwil Kemenag Maluku yang secara resmi dibuka Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis, Rabu (3/2).

Hadir mengikuti seremonial pembukaan seluruh pejabat eselon III/IV, Kakankemenag Kota Ambon Zain F Kaisupy, dan ASN Kanwil Kemenag Maluku dengan menerapkan prokes memakai masker dan menjaga jarak. Adapun assessor yang menguji peserta uji kempotensi adalah Dr. Abidin Wakano dan Dr. Muhammad N. Matdoan.

Kakanwil Kemenag Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi jabatan administrator sebagai bentuk implementasi Peraturan Menteri Agama (Permenag) RI Nomor 1 Tahun 2020.

“Ini merupakan wujud nyata dari jiwa reformasi birokrasi kita yang menekankan bahwa pengelolaan dan penempatan jabatan harus melalui tiga aspek, kualifikasi, kompetensi, dan kinerja,” ujar Kakanwil

Kakanwil menjelaskan, uji kompetensi ini sedianya meliputi sisi teknis, manajerial dan sosial. Namun ada yang lebih ditekankan lagi meskipun tidak disebutkan dalam peraturan, yaitu kompetensi spiritual.

“Kompetensi spiritual di sini lebih kami tekankan, karena institusi ini bergerak di bidang pembangunan keagamaan dan sebabnya seluruh pejabat yang di uji harus memiliki wawasan agama secara luas, karena tugas lembaga ini untuk membentuk masyarakat Maluku yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jelasnya.

“Olehnya itu, sekalipun tidak termasuk dalam tiga kategori kompetensi, namun saya tetap amanatkan kepada para assessor untuk menggali pengetahuan para peserta dari segi keilmuan spiritual, terutama wawasan moderasi beragama sebagai program prioritas Menteri Agama RI saat ini,” imbuhnya.

Pelaksanaan uji kompetensi ini diharapkan membawa kemaslahatan bagi upaya untuk mewujudkan institusi Kementerian Agama Provinsi Maluku yang berkinerja tinggi.

“Uji kompetensi ini juga diharapkan bisa melahirkan para pejabat yang berkualitas karena di uji secara independen dari assesor di wilayah eksternal Kanwil Kemenag Maluku,” harapnya. (RS)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan