Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 4 Mar 2022 15:12 WIT ·

Kanwil Kemenag Maluku Berhasil Raih Peringkat 1 Realisasi PNBP


 Kanwil Kemenag Maluku Berhasil Raih Peringkat 1 Realisasi PNBP Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, kembali meraih penghargaan peringkat pertama nasional, kategori realisasi penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2021.

Penyerahan piagam penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Agama RI, H Yaqut Cholil Qoumas dan diterima langsung oleh Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ditjen Bimas Islam 2022 yang digelar secara luring di Cilegon, Kamis (3/3/2022).

H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I yang hadir bersama dengan Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, M. Rusydi Latuconsina, S.Ag memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontibusi bekerja dengan baik sehingga Kanwil Kemeneg Provinsi Maluku bisa meraih penghargaan ini.

“Saya mengucapkan terimakasih pada semua pihak terkait, khususnya Bidang Bimas Islam yang sudah bekerja keras dalam realisasi anggaran serta penyetoran PNBP tahun 2022,” ujar Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I.

Menurut Yamin, tujuan digelarnya rakernas kali ini adalah untuk penguatan sistem koordinasi serta evaluasi Ditjen Bimas Islam dalam pelayanan keagamaan yang berdasar pada kebijakan prioritas dan mandatori Kementerian Agama, peningkatan tata layanan dibidang urusan agama islam dan pembinaan syariah, penerangan agama islam, bina KUA dan keluarga syariah serta pembinaan zakat dan wakaf.

“Kegiatan ini bernilai strategis, sebagai acuan bagi Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dalam mengevaluasi dan merealisasikan program Kemenag khususnya Bidang Bimas Islam kepada masyarakat di Maluku,” Katanya

Capaian dan prestasi yang ditorehkan menjadi pemacu semagat bagi seluruh satuan kerja Kemenag yang ada di provinsi Maluku dalam meningkatkan kinerjanya.

“Hari ini menjadi catatan penting, agar kedepan bukan saja Bidang Bimas Islam, tapi seluruh satuan kerja untuk berlomba- lomba meningkatkan kualitas diera transformasi publik yang semakian terbuka dimasa-masa mendatang” jelas Yamin.

Berikut posisi lima lembaga yang berhasil menorehkan prestasi penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2021 secara nasional peringkat pertama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Kedua Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DI Yogyakarta, Ketiga Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Keempat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ke lima Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dan di posisi ke enam diraih Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah .

Sebelumnya, Menteri Agama RI, Gus Yaqut Cholil Qoumas sampaikan supaya Ditjen Bimas Islam mampu jadi etasalse wajah Kementerian Agama dengan menunjukan pelayanannya yang prima.

“Memperjuangkan kebaikan, memperjuangkan perbaikan dan memperjuangkan peradaban yang lebih baik bukanlah suatu hal yang mudah, pasti tidak mudah. Namun hal yang tidak mudah itu bukan tidak mungkin kita lakukan. Kalau kita bersama-sama kompak dalam satu barisan, saya kira sesulit apapun tantangannya kita bisa taklukan itu. Saya yakin kita semua, seluruh Aparatur Kementerian Agama sudah berada pada sisi sejarah yang benar. Insyaallah ini jadi bagian dari perjuangan kita,” tutur Gus Yaqut.

“Yang kedua, Ditjen Bimas Islam bersama Bimas Agama lain adalah etalase wajah Kementerian Agama. Oleh karena itu saya terus menekannya untuk memberikan pelayanan keagamaan yang prima kepada masyarakat. Saya tidak ingin apabila kita tidak melayani tuan-tuan kita secara sempurna. Saya ingin Ditjen Bimas Islam untuk mampu dan bisa menjadi ujung tombak Kementerian Agama serta garda terdepan dalam pelaksaan progam-progam prioritas Kementerian Agama,” imbuhnya.

Menag juga tekankan bahwa Kementerian Agama adalah Kementerian semua agama yang harus dipahami secara proporsionalitas. Kita tau agama islam merupakan populasi terbesar di negara Indonesia, maka sesuai dengan proporsinya kita wajib memberikan pelayanan yang proporsional juga. Harapannya setelah rakernas ini dapat terjalinnya langkah yang sama antara Kemenag Pusat dan Kemenag Daerah untuk mensukseskan seluruh program prioritas Kementerian Agama.

Rakernas tahun ini bertajuk “Transformasi Layanan Umat dan Perwujudan Good Governance dalam Fungsi Agama” digelar secara luring selama 3 hari pada 2-4 Maret 2022 di The Royal Krakatau Hotel, Cilegon.

Sedangkan segenap peserta lainnya mengikuti acara secara daring melalui zoom meeting. Jumlah seluruh peserta kurang lebih sebanyak 500 orang yang terdiri dari pejabat Ditjen Bimas Islam, Kakanwil, Kakankemenag, Kabid dan Kasi Bimas Islam dan Penaiszawa seluruh Indonesia. (humas)

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan