Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Kakanwil Kemenag Maluku Menyapa Jemaah Haji asal Kecamatan Salahutu


 Kakanwil Kemenag Maluku Menyapa Jemaah Haji asal Kecamatan Salahutu Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag menyapa puluhan Jemaah Haji asal Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (22/9).

Kunjungan Kakanwil yang berlangsung di Masjid Al-Ikhsan Pohon Mangga, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, dalam rangka implementasi program dari Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Maluku yakni “Kanwil Kemenag Provinsi Maluku menyapa Jemaah Haji”.

Kakanwil dalam pembinaan dihadapan puluhan Jemaah Haji mengatakan, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Bidang PHU Kemenag Maluku, pasalnya selain meningkatkan tali silaturahmi, juga menjadi momentum bagi Jemaah Haji untuk mendapatkan bekal ilmu.

“Selaku Kakanwil saya mengapresiasi kegiatan ini, karena meningkatkan silaturahmi, apalagi sesama jemaah haji,” kata Kakanwil

Dikatakan, sesuai jadwal pelaksanaan haji, Jemaah Haji tahun ini, mungkin sudah menunaikan ibadah, namun karena kondisi pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan haji tahun ini ditunda oleh pemerintah, hal disebabkan karena pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia dapat mengancam keselamatan jemaah.

“Saya harap kita diberi penguatan agar sabar dalam menghadapi ujian dari Allah SWT. Mungkin hikmahnya, bisa saja jadi karena takdir Allah untuk keselamatan jemaah haji, dan penundaan keberangkatan haji manfaatnya dijadikan sebagai momentum untuk lebih mempersiapkan diri, baik fisik maupun mental,” kata Kakanwil

Pada kesepatan tersebut, Kakanwil mengharapkan jemaah haji bisa menjaga kebugaraan dan kesehatan fisik, rohani dan mental. Hal ini bertujuan agar jemaah haji tetap sehat di masa pandemi Covid-19, sehingga diharapkan tahun depan dapat melaksanakan ibadah haji.

“Dalam pelaksanaan ibadah haji membutuhkan kesehatan prima, untuk itu jemaah haji harus istithaah kesehatannya, jaga protokoler kesehatan, sehingga bisa memenuhi panggilan Allah SWT tahun depan,” ujar Kakanwil.

Sebelumnya, Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I dalam arahannya mengatakan, program menyapa jemaah haji ini merupakan salah satu program prioritas pada bidang PHU.

Kegiatan ini lanjut Kabid, selain bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi juga dalam rangka memberikan penguatan atau pembekalan kepada calon jemaah haji asal Provinsi Maluku.

“Program ini dilakukan di seluruh daerah Maluku, dengan harapan para Jemaah Haji bisa siap melaksanakan ibadah dengan baik dan menjadi haji mabrur,” kata Yamin

Turut hadir, Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Maluku Abd. Karim Rahantan, Kasi Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Menengah Bidang Pakis Kanwil Kemenag Maluku, Siad Nuhuyanan, Kepala KUA Kecamatan Salahutu dan staf Bidang PHU. (RS)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan