Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Janji Kedua Susi, Maluku Akan Dapat Dana Tambahan


 Foto :Tabaos Perbesar

Foto :Tabaos

Janji Kedua Susi Maluku Akan Dapat Dana Tambahan – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berjanji membantu Pemerintah Provinsi Maluku mendapatkan tambahan anggaran untuk meningkatkan kinerja sektor kelautan pada tahun depan.

“Saya akan endorse Maluku ke Kementerian Keuangan agar kementerian itu memberikan tambahan anggaran,” ujar Susi di kantornya, Gambir, Jakarta Pusat, Senin petang, 9 September 2019.

Susi pun mengungkapkan wilayah Maluku sangat luas dan lautnya banyak menyumbang ikan. Maluku banyak berkontribusi menyumbang produk domestik bruto (PDB) dari sektor perikanan. PDB perikanan secara nasional terus tumbuh.

Pada triwulan II 2019, misalnya, PDB perikanan tumbuh 6,25 persen atau lebih tinggi 29,39 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 4,83 persen.

Menurut nilainya PDB pada triwulan II 2019 naik menjadi Rp 62,24 triliun. PDB itu lebih besar ketimbang tahun sebelumnya yang hanya Rp 58,58 triliun.

Janji Susi menaikkan anggaran didahului protes Gubernur Maluku Murad Ismail. Dia “menabuh genderang perang” kepada Susi lantaran moratorium laut.

Ismail menilai moratorium laut Maluku merugikan masyarakat setempat.

“Saya minta dukungan semua komponen bangsa di Maluku untuk moratorium Laut Maluku karena yang diberlakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ternyata merugikan Maluku,” katanya. (Source: Tempo)

Susi Janjikan 1 Triliun Untuk Maluku Tahun 2014

Lima poin tuntutan Pem­prov Maluku diharapkan Gubernur Maluku, Murad Ismail dapat dipenuhi oleh Menteri Kelautan dan Pe­ri­kanan Susi Pudjiastuti. Namun jika tidak, upaya paksa akan dilakukan.

Salah satu tuntutan ada­lah meminta Menteri Susi segera memberikan paraf (persetujuan) pada draf Perpres tentang Lumbung Ikan Nasional (LIN).

Selain LIN, ada juga tuntutan soal penambahan anggaran Rp 1 triliun per tahun kepada Maluku yang dijanjikan Menteri Susi sejak tahun 2014.

“Kalau dia bicara, saya maunya tanya dia, sudah berapa banyak dia mengambil ikan di laut Maluku, dia janji kita Rp1 triliun mana, dari 2014 sampai sekarang belum juga tere­lasisi,” tandasnya.

DPRD Maluku juga meminta Menteri Susi untuk merealisasikan janjinya kepada Maluku. Kritikan yang dilakukan gubernur berdasar­kan data yang valid.

“Yang kami rakyat Maluku butuh dari Menteri Susi adalah tindakan nyata untuk Maluku sebagai daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia,” tandas Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Maluku, Lucky Wattimury, kepada Siwalima, di Kantor DPRD Maluku, Selasa (10/9).

Wattimury dengan tegas me­ngatakan, DPRD Maluku akan mendukung sepenuhnya langkah gubernur.

“Yang pasti DPRD mendukung penuh langkah tegas gubernur. Bahkan tidak hanya dewan, tapi segenap komponen masyarakat Maluku turut mendukung. Kita akan kawal pernyataan Menteri Susi sampai sejauhmana realisasinya,” tegasnya. (Source : SiwalimaNews)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan