Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Gempa Maluku, Jangan Mudah Terprovokasi Berita Hoax


 Gempa Maluku, Jangan Mudah Terprovokasi Berita Hoax Perbesar

Gempa Maluku, Jangan Mudah Terprovokasi Berita Hoax – Sepanjang tahun 2019 banyak sekali peristiwa yang menimbulkan gejolak dimasyarakat contohnya peristiwa alam misalnya Gempa Bumi.

Hal yang sangat terlihat adalah adanya keresahan masyarakat yang dipengaruhi oleh berita-berita Hoax yang beredar di Internet maupun media sosial. Ini sebenarnya bukanlah hal baru mengingat banyak hal serupa terjadi seperti di daerah lainnya.

Mungkin banyak di antara kamu yang tidak terlalu peduli dengan isu-isu dan berita Hoax yang tersebar. Namun ada juga beberapa yang hanya sekedar berkomentar melalui sosial media. dibawah ini meripakan 5 hal yang bisa dilakukan agar tidak muda terprovokasi Berita Hoax.

1. Kamu tidak perlu ikut komentar yang aneh-aneh di media sosial

Tanpa kamu komentar pun kondisi udah panas, apalagi kalau kamu komentar apalagi menjurus ke hal negatif atau mengejek pihak tertentu.

Hal ini akan membuat kondisi semakin buruk meskipun kamu cuma iseng untuk memberi komentar. Jadi? Jaga komentarmu di semua media sekarang ini.

2. Cermati kebenaran info yang kamu terima

Sumber : pharmaphorum.com

Sekarang banyak informasi yang bertebaran di berbagai media dan kebenarannya diragukan. Kamu harus pintar-pintar menyaring semua informasi yang kamu dapatkan dan jangan sampai kamu membagikan berita yang salah karena hal ini bisa memicu masalah yang lebih besar nantinya. Intinya jangan percaya begitu aja. kamu bisa menggunakan internet untuk mencari kebenaran informasi tersebut.

3. Saatnya perbaikan diri, jauhkan hal-hal negatif yang mungkin kamu lakukan

Sumber : pojoklasika.com

Kamu bisa mencoba memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Dengan memperbaiki diri setidaknya kamu menjaga dirimu sekedar ikut-ikutan hal negatif yang mungkin terjadi di masa depan nanti. Percayalah, kamu itu tidak sempurna dan kamu harus terus berbenah diri setiap saat.

5. Sebarkan hal positif ke sekitarmu, berhenti share berita atau status yang mungkin memicu perselisihan

Setelah terus memperbaiki diri,kamu bisa mencoba berbagi hal positif dengan sekitarmu. Kamu bisa menyebarkan semangat kebersamaan secara umum karena memang hal-hal yang selama ini terjadi memungkinkan adanya perpecahan dan keresahan.

Sehingga dengan persatuan yang kamu tularkan dengan sekitarmu, diharapkan juga kamu akan mendapat timbal balik positif dari lingkungan yang kamu sebarkan dan ke depannya kamu bisa ikut menjaga kebersamaan yang udah kamu bangun.

5 cara di atas bisa menjadi contoh mudah buatmu buat diterapkan dari sekarang. Hal mendasar yang bisa dilakukan adalah dengan mulai dari diri sendiri sebagai level terkecil. Kamu sebagai anggota masyarakat tentu tidak telepas dari perubahan ke arah yang lebih baik. Kamu mungkin beranggapan itu tidak akan cepat berhasil, tapi setidaknya kamu udah mencoba dan berniat positif. Jangka panjangnya kamu akan mendapat hal positif dari menyebarkan semangat kebersamaan ini.

Jadi buat menyongsong tahun 2020, yuk sebarkan hal positif demi kebaikan bersama ke depan nantinya. Kamu sudah siap?

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan