Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Gedung Laboratorium dan Perpustakaan MAN 1 Malteng Diresmikan


 Gedung Laboratorium dan Perpustakaan MAN 1 Malteng Diresmikan Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Gedung Laboratorium dan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Maluku Tenggah (Malteng) diresmikan pengunaannya oleh Gubernur Maluku yang diwakili oleh Assisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Maluku, Habiba Saimima bersama Kepala Kanwil Kemenag Provinsii Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag. 

Prosesi peresmian Gedung yang dilengkapi dengan fasilitas pendidikan  yang di danai lewat SBSN Tahun 2020 ini ditandai dengan penguntingan vita dan penandatanganan batu prasasti secara bersama, di MAN 1 Malteng, Desa Tulehu, Kamis, (7/4).

Peresmian Gedung Laboratorium dan Perpustakaan MAN 1 Malteng juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara MAN 1 Malteng bersama beberapa lembaga seperti Dunia Perpustakaan Grup Jogjakarta, Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Maluku serta Fakultas MIPA Universitas Pattimura dan Launching Perpustakaan Digital MAN 1 Malteng.

Saimima saat membacakan sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail menyatakan menyambut baik kehadiran Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan MAN 1 Maluku Tengah ini.

Dirinya berharap agar gedung yang baru dibangun ini dapat  dimanfaatkan secara baik oleh pihak madrasah. Pihaknya akan siap membantu terutama dalam hal melengkapi koleksi buku buku perpustakaan yang dibutuhkan. 

Sementara itu Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S. Ag, saat memberikan sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada bidang Pendidikan Madrasah Provinsi Maluku terutama kepada Kepala MAN 1 Maluku Tengah Nurdin Nur Marasabessy beserta seluruh jajarannya yang memiliki inovasi dan kreasi sehingga gedung yang mewah ini dapat dibangun dan diresmikan.

Dirinya berharap, agar madrasah ini dapat menjadi role model bagi madrasah madrasah yang lainnya karena lembaga ini sudah memenuhi kriteria sebagai madrasah percontohan.

Kakanwil Kemenag Maluku lewat kesempatan tersebut menegaskan pentingnya peran madrasah dalam mempertegas konsep moderasi beragama sebagai visi besar dan program prioritas Kementerian Agama.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang diinstruksikan Menteri Agama RI dalam kegiatan Rakernas Kemenag yang diikutinya beberapa hari kemarin, dimana terdapat dua agenda penting, yakni moderasi beragama dan tata kelola pemerintah yang bersih dan berwibawa.

“Untuk mempertegas konsep moderasi beragama maka saya minta pihak madrasah fokus menyuarakan nilai-nilai moderasi beragama ini dalam dunia pendidikan. Maka, jadikan laboratorium ini sebagai laboratorium moderasi beragama, jadikan sekolah ini sebagai wadah menanam benih-benih moderasi beragama dalam diri siswa,” tegas Kakanwil 

Sebelumnya, Kepala MAN 1 Maluku Tengah Nurdin Nur Marasabessy dalam laporannya menyatakan bahwa pihaknya merasa bersyukur mendapatkan bangunan yang sangat representatif ini, untuk itu dirinya telah menyiapkan SDM yang memadai guna memanfaatkan fasilitas yang mewah ini.

Di samping itu dirinya sudah berperan aktif dalam membangun kerja sama dengan lembaga lembaga terkait antara lain Pustakawan Jogja, Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Maluku dan Fakultas MIPA Universitas Pattimura.

Untuk diketahui, Gedung Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan MAN 1 Maluku Tengah memiliki bangunan dua lantai dengan luas bangunan 36×14 meter, pada lantai pertamanya dipergunakan untuk Perpustakaan Digital, sedangkan pada lantai duanya dipergunakan untuk Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi dan Laboratorium Multimedia/Jurnalistik, serta dilengkapi pula dengan fasilitas taman literasi untuk lebih memperindah penampilan yang terlihat megah ini.

Dalam pengoperasian seluruh fasilitas yang modern ini, MAN 1 Maluku Tengah saat ini sudah dilengkapi dengan SDM yang berkualitas serta membangun kerja sama atai MoU dengan beberapa lembaga yang kompeten.

Usai meresmikan gedung Laboratorium dan Perpustakaan MAN 1 Malteng, Asisten III Setda Maluku bersama Kakanwil didampingi Kakankemenag Maluku Tengah Hanafi Rumatiga meletakan batu pertama pembangunan gedung Kelas dan asrama MTsN 1 Malteng.

Turut hadir pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku, pejabat Kemenag Kota Ambon, pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku, Dekan FMIPA Unpatti, perwakilan Rektor IAIN Ambon , pimpinan lembaga perpustakaan, beserta pimpinan Muspika Salahutu. (RS)

Artikel ini telah dibaca 70 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan