Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Abdullah Tuasikal Salurkan Paket Gemar Ikan di Negeri Pelauw


 Abdullah Tuasikal Salurkan Paket Gemar Ikan di Negeri Pelauw Perbesar

Malteng, SALAWAKU – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Komisi IV DPR-RI menggelar kegiatan safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kabupaten Maluku Tengah. Kali ini acara dilaksanakan di Balai Desa Negeri Pelauw, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (6/4).

Kegiatan dengan tema” Makan Ikan, Sehat, Kuat, Cerdas” dihadiri oleh Abdullah Tuasikal anggota DPR RI, Ketua DPRD Maluku Tengah Fatzah Tuankotta, wakil dari KKP, dinas Kelautan Perikanan provinsi Maluku dan dinas perikanan Maluku Tengah.  

Sebanyak 500 paket gemar ikan berisi produk-produk olahan yang diproduksi oleh UMKM di Maluku Tengah, dibagikan kepada masyarakat di Maluku Tengah.

Abdullah Tuasikal dalam sambutannya mengajak kaum muda di Maluku Tengah lebih giat untuk melakukan usaha di perikananan tangkap hal itu untuk menyambut Lumbung Ikan Nasional di Maluku Tengah.
 
“Maluku adalah lumbung ikan nasional. Kaum muda di Maluku diharapkan mau melakukan usaha di bidang perikanan dan mensosialisasikan manfaat makan ikan yang berkualitas, jangan terpengaruh dengan mitos-mitos negatif tentang ikan dan orang-orang banyak yang hebat karena makan ikan,” ungkap Ir. Abdullah Tuasikal

Diharapkan, kegiatan ini terus didorong agar dapat diteruskan oleh pemerintah daerah dan berbagai unsur agar generasi mendatang, khususnya di Maluku Tengah, bebas stunting dan gizi buruk serta menjadi orang-orang hebat.

“Saya mengajak masyarakat agar lebih memilih ikan daripada sumber protein lainnya,” ajak Tuasikal

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Moh. Safar Latuconsina dalam sambutannya menyampaikan bahwa ikan memiliki banyak zat gizi dan manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak.

“Ayo kita makan ikan untuk mencegah stunting” ajaknya. 

Dikatakan, konsumsi ikan di Maluku Tengah angkanya tinggi tapi masih banyak balita yang stunting, tahun 2018 mencapai 42,8%.

“Banyak kasus disebabkan karena pernikahan dini dimana calon ibu kurang memiliki pengetahuan tentang pentingnya konsumsi makanan bergizi, khususnya ikan,” ujar Harun AS saat hadir mewakili Dirjen PDSPKP KKP dalam kegiatan tersebut. (RS/Liputan Malteng)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan