Beranda Politik Abdullah Tuasikal Salurkan Paket Gemar Ikan di Negeri Pelauw

Abdullah Tuasikal Salurkan Paket Gemar Ikan di Negeri Pelauw

0

Malteng, SALAWAKU – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Komisi IV DPR-RI menggelar kegiatan safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kabupaten Maluku Tengah. Kali ini acara dilaksanakan di Balai Desa Negeri Pelauw, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (6/4).

Kegiatan dengan tema” Makan Ikan, Sehat, Kuat, Cerdas” dihadiri oleh Abdullah Tuasikal anggota DPR RI, Ketua DPRD Maluku Tengah Fatzah Tuankotta, wakil dari KKP, dinas Kelautan Perikanan provinsi Maluku dan dinas perikanan Maluku Tengah.  

Sebanyak 500 paket gemar ikan berisi produk-produk olahan yang diproduksi oleh UMKM di Maluku Tengah, dibagikan kepada masyarakat di Maluku Tengah.

Abdullah Tuasikal dalam sambutannya mengajak kaum muda di Maluku Tengah lebih giat untuk melakukan usaha di perikananan tangkap hal itu untuk menyambut Lumbung Ikan Nasional di Maluku Tengah.
 
“Maluku adalah lumbung ikan nasional. Kaum muda di Maluku diharapkan mau melakukan usaha di bidang perikanan dan mensosialisasikan manfaat makan ikan yang berkualitas, jangan terpengaruh dengan mitos-mitos negatif tentang ikan dan orang-orang banyak yang hebat karena makan ikan,” ungkap Ir. Abdullah Tuasikal

Diharapkan, kegiatan ini terus didorong agar dapat diteruskan oleh pemerintah daerah dan berbagai unsur agar generasi mendatang, khususnya di Maluku Tengah, bebas stunting dan gizi buruk serta menjadi orang-orang hebat.

“Saya mengajak masyarakat agar lebih memilih ikan daripada sumber protein lainnya,” ajak Tuasikal

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Moh. Safar Latuconsina dalam sambutannya menyampaikan bahwa ikan memiliki banyak zat gizi dan manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak.

“Ayo kita makan ikan untuk mencegah stunting” ajaknya. 

Dikatakan, konsumsi ikan di Maluku Tengah angkanya tinggi tapi masih banyak balita yang stunting, tahun 2018 mencapai 42,8%.

“Banyak kasus disebabkan karena pernikahan dini dimana calon ibu kurang memiliki pengetahuan tentang pentingnya konsumsi makanan bergizi, khususnya ikan,” ujar Harun AS saat hadir mewakili Dirjen PDSPKP KKP dalam kegiatan tersebut. (RS/Liputan Malteng)