Menu

Mode Gelap
Tokoh Lintas Iman di Maluku Deklarasi Damai Umat Beragama Chatime, Gerai Minuman Kekinian Telah Dibuka di Kota Ambon Band Etnik Reggae Asal Ambon Tampil Di Korea Pemprov Maluku dapat 2.208 formasi PPPK tahun 2022, Lowongan Honorer Tualeka Resmi Dilantik Pimpin IDI Wilayah Maluku

Politik · 2 Okt 2021 09:36 WIT ·

Kemenag Maluku Gelar Kegiatan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha


 Kemenag Maluku Gelar Kegiatan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha Perbesar

Ambon, SALAWAKU – Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku menggelar kegiatan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha di Hotel Marina Ambon, Kamis (25/3).

Kegiatan dengan sorotan tema” Mewujudkan Lembaga Keagamaan Buddha Yang Moderat” dibuka oleh Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Sariyono mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag.

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag dalam sambutannya yang dibacakan Pembimas Buddha mengatakan menyambut baik kegiatan Fasilitasi Moderasi Beragama Lembaga Keagamaan Buddha dalam rangka mewujudkan lembaga Keagamaan Buddha yang Moderat.

Dikatakan, Moderasi Beragama harus dipahami sebagai komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan yang paripurna, dimana setiap warga masyarakat, apapun agama, suku, etnis, budaya dan pilihan politiknya harus saling mendengarkan satu sama lain, serta saling belajar melatih kemampuan mengelola dan mengatasi perbedaan diatara mereka.

“Olehnya itu diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta dapat lebih berperan aktif dalam mewujudkan moderasi beragama pada Lembaga Keagamaan Buddha di Maluku,” pungkasnya

Sebelumnya, Sekertaris Panitia Kegiatan Sumayar dalam laporannya mengatakan, maksud dilaksanakannya kegiatan yakni sebagai upaya mewujudkan lembaga keagamaan yang moderat dengan tujuan merumuskan kesepahaman tentang moderasi beragama lembaga keagamaan Buddha dan meningkatkan harmonisasi umat Buddha dan Lembaga keagamaan Buddha.

Adapun pemateri pada kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini berasal dari para pejabat pakar dibidangnya, seperti pejabat pada Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dan Direktur Ambon Reconciliation and Mediation Center (ARMC) IAIN Ambon Abidin Wakano.

Turut hadir, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Sukardi Rianto, tokoh agama Buddha, pimpinan Organsisasi Buddha Maluku, dan tamu undangan lainnya. (RS)

Artikel ini telah dibaca 112 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

GPK Maluku Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

4 November 2022 - 22:02 WIT

Anggota DPRD Keerom Komentari Soal Biaya Kesehatan Lukas Enembe

2 November 2022 - 12:42 WIT

Kendala Khusus, Wetar Utara Baru Diisi Satu Anggota Panwascam

27 Oktober 2022 - 18:11 WIT

Bawaslu Maluku Selesai Seleksi Panwascam, Total 352 Anggota Terpilih

27 Oktober 2022 - 17:48 WIT

Tokoh Adat Sekanto Papua: Warga Papua Harus Biarkan KPK Periksa Lukas Enembe

5 Oktober 2022 - 17:40 WIT

Yusuf Wally: Pembongkaran Pasar Mardika Tidak Efektif

15 September 2022 - 19:14 WIT

Trending di Pemerintahan