Beranda Politik Kemenag Maluku Gelar Kegiatan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha

Kemenag Maluku Gelar Kegiatan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha

0

Ambon, SALAWAKU – Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku menggelar kegiatan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha di Hotel Marina Ambon, Kamis (25/3).

Kegiatan dengan sorotan tema” Mewujudkan Lembaga Keagamaan Buddha Yang Moderat” dibuka oleh Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Sariyono mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag.

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag dalam sambutannya yang dibacakan Pembimas Buddha mengatakan menyambut baik kegiatan Fasilitasi Moderasi Beragama Lembaga Keagamaan Buddha dalam rangka mewujudkan lembaga Keagamaan Buddha yang Moderat.

Dikatakan, Moderasi Beragama harus dipahami sebagai komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan yang paripurna, dimana setiap warga masyarakat, apapun agama, suku, etnis, budaya dan pilihan politiknya harus saling mendengarkan satu sama lain, serta saling belajar melatih kemampuan mengelola dan mengatasi perbedaan diatara mereka.

“Olehnya itu diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta dapat lebih berperan aktif dalam mewujudkan moderasi beragama pada Lembaga Keagamaan Buddha di Maluku,” pungkasnya

Sebelumnya, Sekertaris Panitia Kegiatan Sumayar dalam laporannya mengatakan, maksud dilaksanakannya kegiatan yakni sebagai upaya mewujudkan lembaga keagamaan yang moderat dengan tujuan merumuskan kesepahaman tentang moderasi beragama lembaga keagamaan Buddha dan meningkatkan harmonisasi umat Buddha dan Lembaga keagamaan Buddha.

Adapun pemateri pada kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini berasal dari para pejabat pakar dibidangnya, seperti pejabat pada Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dan Direktur Ambon Reconciliation and Mediation Center (ARMC) IAIN Ambon Abidin Wakano.

Turut hadir, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Sukardi Rianto, tokoh agama Buddha, pimpinan Organsisasi Buddha Maluku, dan tamu undangan lainnya. (RS)