Beranda Politik 5 RSJ Ini siap Tampung Para Caleg dan Timses Korban Pemilu 2019

5 RSJ Ini siap Tampung Para Caleg dan Timses Korban Pemilu 2019

16
0

5 RSJ Ini siap Tampung Para Caleg dan Timses Korban Pemilu 2019 – Pemilihan umum (Pemilu) 2019 sebentar lagi digelar pada tanggal 17 April 2019 besok. Biasanya, pasca pesta demokrasi ini banyak rumah sakit jiwa yang ‘bersiap’ untuk menampung para caleg (calon anggota legislatif) yang menjadi korban pemilu akibat tidak terpilih alias gagal.

Tidak hanya calon anggota legislatif, Tim Sukses (Timses) Para Caleg atau Paslon yang stres juga siap di tampung di RSJ. Beberapa RSJ di Indonesia telah menyiapkan sarana mulai dari kelas 3,2, 1 dan VIP deng

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza (P2MKJN), Fidiansyah, Kementerian Kesehatan tidak menyiapkan regulasi yang secara khusus mengatur pelayanan kesehatan bagi para caleg stres.

“Setiap RS jiwa memang menyiapkan sarana mulai dari kelas 3,2, 1 dan VIP utk perawatan sesuai dengan kebutuhan klien dan hal itu tidak terkait karena pileg (pemilihan legislatif),” tutur dr Fidi, baru-baru ini. Dibawah ini adalah daftar RSJ Di Indonesia Siap Tampung Timses Stres dan Caleg yang Gagal.

1.Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar

Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar

Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar dibentuk melalui Perda Provinsi Sulawesi Selatan No. 9 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Daerah, Lembaga Teknis dan Lembaga Lain Provinsi Sulawesi Selatan maka secara resmi BPRS Dadi Provinsi Sulawesi Selatan menjadi RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH (RSKD) DADI Provinsi Sulawesi Selatan

Terkait dengan perawatan pasien yang mengalami gangguan kejiwaan , Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar telah membuka gedung baru untuk perawatan pasien yang mengalami gangguan kejiwaan. Gedung baru tersebut berisi tiga jenis kamar baru untuk pasien jiwa yang terdiri dari kamar VIP serta bangsal.

Plt Direktur RSKD Dadi Arman Bausat menyebut ruangan itu ditujukan untuk orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan termasuk para calon anggota legislatif yang mengalami depresi dan stres bila gagal terpilih. “Kami sudah kasih tahu teman-teman semua, kalau rangka pileg begini, wajarlah ada orang yang mungkin mengalami depresi,” kata Arman kepada di kantornya, Senin (16/4/2019).

2. Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya

Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya

Perawat menyiapkan kelengkapan kamar rawat inap di ruangan khusus Paviliun Puri Anggrek, Rumah Sakit Jiwa Menur, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/4/2019).

Rumah Sakit Jiwa Menur, Surabaya, menyediakan sekitar 300 kamar rawat inap, VVIP, VIP, Kelas I, II, hingga III ruangan khusus bagi calon anggota legislatif (caleg) yang gagal menjadi wakil rakyat. Ini dilakukan karena cukup tingginya potensi depresi bagi caleg gagal dalam pemilu April 2019.

3. Rumah Sakit Ernaldi Bahar Palembang

Foto: Rumah Sakit Ernaldi Bahar Palembang

Persaingan caleg di Pemilu Legislatif 2019 sudah dimulai. Tak hanya penyelenggara pemilu, Rumah Sakit Ernaldi Bahar, Palembang juga bersiap menghadapi pesta demokrasi itu. Terutama untuk merawat caleg yang berpotensi mengalami depresi karena gagal.

Rumah sakit ini dikenal memiliki kekhususan pada penanganan penyakit kejiwaan. Meski tak ada persiapan khusus menghadapi pemilu namun rumah sakit tetap siaga melayani pasien 24 jam.

Untuk penanganan pasien kejiwaan rumah sakit telah menyiagakan 8 psikiater dan pelayanan rawat jalan. Untuk rawat inap rumah sakit mampu menampung 250 pasien. Tersedia tempat rehabilitasi pasien dapat beraktivitas secara produktif.

4. Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh

Foto : Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh

Dikutip dari halaman Media RRI, Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh siap menampung pasien gangguan kejiwaan yang diderita oleh para caleg atau simpatisan yang gagal maju di Pemilu 2019.

Direktur Rumah Sakit Jiwa Aceh dr Makhrozal mengatakan, pihaknya tidak menyediakan kamar khusus kepada caelg yang menderita gangguan jiwa karena gagal terpilih pada Pemilu. Namun pihaknya siap memberikan pelayanan bagi siapa saja yang membutuhkan perawatan.

“Kita rumah sakit jiwa sebenarnya selalu siap melayani pasien yang dirujuk dari kabupaten kota atau dibawa oleh keluarganya. Atau dirujuk dari puskesmas dan rumah sakit. Jadi kalau kamar khusus untuk caleg yang gagal tidak ada,” kata dr Makhrozal kepada wartawan saat sosialisasi pemilu yang digelar oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh di RSJ Pemerintah Aceh itu, Rabu (27/3/2019).

5. RS Nania Ambon, Provinsi Maluku

Foto: Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon 

Pihak Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon  menyatakan telah menyiapkan ruangan khusus untuk menampung caleg yang mengalami gangguan jiwa maupun depresi  saat gagal dalam pemilu legislatif 17 April 2019 .

“Kita sudah menyiapkan ruangan bagi caleg yang gagal melenggang sebagai wakil rakyat. Ini dilakukan karena potensi stres bagi caleg gagal di bursa pencalonan anggota legislatif cukup tinggi,”ujar Direktur RSKD, David Santoso kepada awak media di sela-sela Rapat Koordinasi Dinas Kesehatan se-Provinsi Maluku, yang berlangsung di Santika Hotel, Senin (8/4).

Santoso mengingatkan agar para caleg menyiapkan diri untuk mengalami kegagalan, jika tidak terpilih menjadi wakil rakyat.

“Setidaknya dengan begitu, ketahanan mental bisa dijaga. Namun jika merasa mengalami insomnia, hingga kecemasan berlebih, seharusnya segera berobat ke psikiater,” pungkasnya. Pastinya, santoso menegaskan RSKD siap menampung caleg yang gagal dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut, dikutip dari media online maluku.