Beranda Opini Pasar Mardika Dan Kehidupan Warga Ambon

Pasar Mardika Dan Kehidupan Warga Ambon

41
0

Pasar Mardika Dan Kehidupan Warga Ambon- Pasar Mardika Dan Kehidupan Warga Ambon – Pasar adalah salah satu tempat penting yang dimiliki oleh sebuah kota. Sejak dulu, pasar adalah tempat dimana transaksi perdagangan terjadi. Mulai sejak manusia masih mengenal transaksi dengan cara bertukar barang atau baerter, pasar sudah menjadi tempat yang paling sering dikunjungi manusia untuk berjual beli. Dapat dikatakan bahwa sebuah kota tidak akan lengkap tanpa adanya pasar yang beroperasi dan bagi kota Ambon, Maluku, tempat istimewa jenis ini bernama Pasar Mardika.

Pasar Mardika terletak di bagian utara kota Ambon, tepatnya dekat dengan berbagai fasilitas kota seperti Pelabuhan, Alun-alun dan kentor-kantor pemerintahan. Pasar ini sudah sejak dulu menjadi bagian penting aktifitas ekonomi kota Ambon dan memberikan ruang bagi segenap warga Ambon untuk melakukan perdagangan. Walaupun pasar Mardika adalah pasar yang cukup tua di Kota Ambon, namun wilayah pasar Mardika adalah tempat terlengkap bagi warga Ambon untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari mulai dari bahan makanan hingga penunjang hidup seperti perkakas, pakaian, bahkan jasa perbankan.

Keberadaan Pasar Mardika tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan warga Ambon. Kondisi tradisional yang masih dipertahankan di pasar ini justru menjadi kelebihan yang dimiliki tempat ini di tengah serbuan berbagai pusat perbelanjaan modern yang menjamur hampir di banyak kota besar Indonesia. Bagi warga Ambon, Pasar Mardika seperti rumah nenek yang akan selalu membawa mereka kembali sekalipun hal-hal yang berbau modern tengah melanda generasi kekinian.

Bau amis ikan begitu terasa menyengat di bawah terik matahari pagi yang bersinar. Suara bising angkutan umum seolah tak berhenti menyemarakkan suasana pagi itu. Ratusan orang terlihat berlalu-lalang keluar masuk wilayah pasar utama. Beberapa becak terlihat berjajar menunggu warga yang selesai berbelanja dan ingin kembali ke rumah mereka. Keberadaan Pasar Mardika memang tidak dapat lepas dari kehidupan kota ini berikut warga yang tinggal di dalamnya, mereka seperti sudah menyatu dan saling membutuhkan satu dengan yang lain.

Tidak hanya menjual bahan dasar makanan saja, Pasar Mardika juga menjadi tempat bagi ratusan warung makan yang menjual beragam makanan siap saji Biasanya yang mengunjungi tempat ini adalah mereka yang lelah setelah berbelanja, atau para kru kapal yang baru merapat di palabuhan. Selain itu, Pasar Mardika juga menjadi tempat bagi ratusan hotel kecil yang ditempati oleh para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Pasar Mardika selalu ramai, hebatnya seperti tidak ada perbedaan antara malam hari dan siang hari, keduanya selalu menjadi waktu yang ramai di Pasar Mardika.

Inilah keunikan dalam warisan tradisi masyarakat lokal kota Ambon. Pasar Mardika adalah pasar yang begitu heterogen dan menjadi tempat warga Ambon menggantungkan berbagai kebutuhan hidup kesehariannya. Di antara aroma busuk pasar, hiruk pikuk para penghuninya, bahkan semrawutnya Pasar Mardika, tempat ini sangat melekat di kehidupan Kota Ambon dan tidak akan pernah hilang sekalipun pasar-pasar modern banyak bermunculan

Pasar Mardika Dan Kehidupan Warga Ambon
Pasar Mardika Dan Kehidupan Warga Ambon

Pasar Mardika juga salah satu pasar tradisional terbesar di kota Ambon yang letaknya dekat dengan fasilitas2 kota. Keberadaannya sangat membantu perekonomian masyarakat Ambon dan sekitarnya, tentu dengan bermodal kebersihan dan tata pasar yg baik maka akan membuat pasar mardika lebih eksotis dan nyaman untuk di pandang, Namun realita sekarang ini pasar Mardika jauh dari kata layak entah itu dari lingkungan maupun penataannya yg sembrawut. Mungkin pasar Mardika bisa meniru penataan dan lingkungan dari pasar Modern yang nyaman dan indah agar pasar Mardika tetap eksis ditengah2 serbuan pasar Modern di kota Ambon