Beranda Malteng Guru Legenda Itu Telah Purnabakti

Guru Legenda Itu Telah Purnabakti

0

Ambon, SALAWAKU – SMP Negeri 1 Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku hari ini melepas satu dari “legenda” gurunya karena memasuki masa Purnabakti.

Guru legenda itu adalah Alifnur Angkotasan. Pria kelahiran Pelauw, 31 Januari 1961 yang akrab disapa Pak Angko ini adalah seorang guru senior yang telah berkarya puluhan tahun di dunia pendidikan serta banyak membantu membangun besarnya lembaga pendidikan.

Semasa menjadi Kepala Sekolah dan guru di SMP N 1 Pulau Haruku maupun guru di SMA N 16 Malteng, dan Kepala UPTD Kec. P. Haruku, Alifnur Angkotasan dikenal sebagai sosok sederhana yang selalu mengutamakan kejujuran, integritas, rasa syukur, dan humanisme.

Di mata teman guru dan mantan anak muridnya, ia dipandang sebagai guru lintas generasi sekaligus pemimpin yang tegas, disiplin, cerdas dan pemberi motivasi.

“Kepala sekolah Idola ku..
❤❤❤, Kesedihan saya hari ini adalah melihat perpisahan dengan sosok kepala sekolah terhebat yang pernah saya kenal,” tulis akun Tuasikal Akbar dalam statusnya di akun medsos Fb.

“Guru kebanggaan, pemberi semangat u murid2nya u maju…beliau yang terbaik..sukses sllu bapak syg..guru teladan dan sosok terbaik,” tulis akun Fb Sukara Latuconsina mengomentari status akun Bunga Dara Latupono.

Alifnur Angkotasan menyampaikan, permohonan maaf apabila selama mengabdi ada perkataan dan tindakan yang salah baik kepada murid maupun guru.

“Saya hanyalah motivator fasilitator tapi yang terbaik adalah guru guru SMPN 1 Pulau haruku, kadang saya keras semua itu hanya untuk memajukan pendidikan pada lembaga yang kita cintai ini, untuk semua itu sebagai manusia biasa saya mungkin pernah menyinggung perasaan bapak ibu, untuk itu saya meminta maaf dari hati paling dalam,” kata Angkotasan saat acara perpisahan bertempat di Pantai Pesona Alam, Desa Pelauw, Kec. Pulau Haruku, Kab. Malteng, Sabtu (6/2).

Acara yang dilaksanakan secara sederhana tersebut turut dihadiri pimpinan sekolah, para guru dan siswa-siswi.

Ia berpesan kepada para siswa-siswi untuk tetap belajar dan menggapai cita-cita.

“Untuk anak-anakku sekalian, kita ini pengonsumsi ikan segar setiap pagi, itu menjadi penyuplai utama kecerdasan di otak kita, olehnya itu tetaplah belajar dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita cita, karena siapa yang bersungguh-sungguh dalam belajar, dia akan tetap menikmati hasilnya,” pungkasnya

Dalam usianya yang ke-60an, ayah tiga anak ini, tentu telah cukup banyak karya nyata yang telah diperbuat, salah satunya telah menghasilkan alumni yang mulai tersebar di seluruh pelosok nusantara dan menyumbangkan kemajuan dalam pembangunan nasional negeri tercinta.

Semoga karya bakti dan dedikasimu menjadi motivasi bagi guru-guru muda untuk membangun dunia pendidikan lebih maju terutama di era Industri 4.0. Selamat purna bakti Guru terbaik kami semua.

Penulis: Resi Sahubawa
Salah satu Alumni SMPN 1 Pulau Haruku Angkatan 2007