Beranda Ambon Kanwil Kemenag Maluku dan BNN Maluku Jalin Kerjasama

Kanwil Kemenag Maluku dan BNN Maluku Jalin Kerjasama

0

Ambon, SALAWAKU – Kanwil Kemenag Provinsi Maluku bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku menjalin kerja sama terkait penaggulangan bahaya narkotika di Provinsi Maluku.

Kesepakatan bersama antara dua lembaga ini, tertuang melalui penandatangan nota kesepakatan bersama antara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag dan Kepala BNN Provinsi Maluku, M. Zainul Muttaqien, SH, S.I.K,M.A.P, dalam kegiatan sinkronisasi program dan kebijakan Kota/Kabupaten Tanggap Ancaman Narkotika, di Aula Lt. III Kanwil Kemenag Maluku, Selasa (6/4).

Dalam kegiatan yang dihadiri seluruh pimpinan Eselon III, dan pimpinan organisasi keagamaan di Maluku ini, Kakanwil mengatakan kesepakatan ini merupakan bentuk komitmen Kemenag Maluku dalam berperan mencegah dan menekan angka penggunaan narkoba di wilayah Maluku.

Dikatakan, narkoba memiliki pengaruh negatif terhadap kehidupan manusia, terlebih kepada generasi muda, ancaman ini perlu mendapat perhatian bersama dari seluruh Jajajaran Kementerian Agama di seluruh kota kabupaten.

“Narkoba adalah masalah global, yang dampaknya bisa diraskana oleh masyarakat kita di Maluku, saya berharap kita semua teruma ASN Kemenag untuk berdiri pada barisan terdepan memeragi narkoba” ujar Jamaludin Bugis.

Ditempat yang sama Kepala BNN Provinsi Maluku mengatakan, kerja sama antara dua lembaga ini bertujuan meningkatkan kemampuan, antisipasi, adaptasi, dan mitigasi terhadap berbagai ancaman kejahatan narkoba di daerah yang dapat diintergrasikan dengan berbagai program pembangunan pada berbagai sektor yang menjadi perhatian serius dari pemerintah.

Saat ini angka kejahatan narkotika berada di urutan kedua di Maluku, dengan usia produktif pelaku kejahatan narkoba dari remaja sampai dewasa. Kondisi ini tentu patut mendapat perhatian bersama tidak terkecuali partisipasi dari Kemenag Maluku melalui kekuatan dan perangkat yang dimiliki dari Provinsi sampai di tingkat desa bisa tampil bersama BNN mencegah bahaya narkoba dalam kehidupan sosial masyarakat di Maluku.

MOU sebagai bentuk kerja sama lintas sektor dalam upaya mewujudkan program nasional dan visi misi kementerian agama untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama yang bersentuhan langsung dengan upaya pencegahan peredaran narkoba.

Acara jalinan kerjasama tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kakanwil Kemenag Maluku, Kepala BNN Maluku, Kepala Kesbangpol Maluku, Ketua MUI Maluku dan Ketua Muhammadiyah Maluku. Hadir Bersama  seluruh pejabat eselon III dan IV bersama ASN Kanwil Kemenag Maluku. (RS)