Beranda Ambon Tokoh Agama Maluku Sampaikan Himbauan Ramadhan 1442 H

Tokoh Agama Maluku Sampaikan Himbauan Ramadhan 1442 H

0

Ambon, SALAWAKU – Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag melakukan silaturahmi dengan pimpinan tokoh lintas agama Provinsi Maluku bertempat di Aula Lt. III Kanwil Kemenag Maluku, Kamis (15/4).

Silaturahmi tersebut dihadiri Ketua MUI Maluku Dr. H. Abdullah Latuapo, S.Ag, Ketua Sinode GPM Pdt. Elifas T Maspaitela, M.Si, mantan Ketua Sinode GPM Periode 2015-2020 Drs. A.J.S Werinusa, M.Si, Ketua Walubi Maluku Wilhelmus Jauwerissa, Vikaris Jenderal Keuskupan Amboina RD. Ignasius S. S. Refo, MA dan I Nengah Saniasa Ketua Paruman Sabha Walaka mewakili Ketua PHDI Maluku beserta pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku.

Kegiatan tersebut turut dirangkaikan dengan penyampaian himbauan Ramadhan 1442 H yang disampaikan oleh Ketua Sinode GPM Pdt. Elifas T Maspaitela, M.Si didampinig Ka.Kanwil Kemenag Maluku beserta pimpinan tokoh agama.

Himbauan tersebut yakni:

  1. Mari kita jaga dan hormati saudara-saudara kita Umat Muslim dalam menjalankan Ibadah suci Ramadhan, agar pelaksanaannya tetap, khidmat, tertib dan terjalin toleransi.
  2. Bagi Umat Islam, manfaatkanlah sebaik-baiknya Momentum Ramadhan 1442 H/2021 M dengan melaksanakan seluruh rangkaian ibadaj Ramdhan sesuai dengan petunjuk Syariat Islam.
  3. Semangat Ramadhan harus tetap dijaga, tingkatkan kesucian dan kekhusyu’an dalam menjalankan Ibadah Ramadhan.
  4. Ramadhan kali ini masi dalam kondisi Covid-19, mari kita taati protokol kesehatan, tingkatkan kewaspadaan dan selalu memgikuti informasi dan himbauan resmi yang dikeluarkan pemerintah.
  5. Mari kita jaga kerukunan, memelihara persatuan dan kesatuan, persaudaraan kebersamaan dan solidaritas diantara umat beragama.

Sebelumnya, Ka.Kakanwil Kemenag Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terimkasih kepada para tokoh agama atas sinergitas dan ikut berkontribusi bersama pemerintah dan masyarakat menjaga masyarakat yang rukun, aman dan toleran.

“Kami ucapkan terimkasih atas sinergitas yang terbangun selama ini antara para tokoh agama dengan Kemenag Kemenag Maluku dalam menjaga suasana rukun, aman dan toleran, semoga sinergitas ini tetap dibangun,” harap Ka.Kanwil

Pada kesempatan tersebut, Ka.Kakanwil mengajak tokoh agama untuk mensosialisasikan Moderasi Beragama yang menjadi salah satu program utama dari Kementerian Agama, pasalnya para tokoh agama memiliki peran strategis bagi umat dalam menggerakkan moderasi beragama untuk mewujudkan kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

“Saya juga harapkan peran tokoh agama mensosialisasikan surat edaran Menag nomor 4 tahun 2021 tentang penduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H, sehingga pelaksanaan Ibadah Ramadhan dan Idul fitri sesuai dengan petunjuk pemerintah,” pungkas Ka.Kanwil. (RS)