Cara Terbaik Berkunjung ke Benteng Duurstede di Maluku

Cara Terbaik Berkunjung ke Benteng Duurstede di Maluku – Benteng Duurstede adalah suatu benteng Belanda abad ke-17 yang berlokasi di Saparua, Maluku, Indonesia Benteng ini awalnya melindungi desa Saparuea. Panduan navigasi dari tahun 1878 menyatakan: “terdapat pelabuhan yang bagus di dekat benteng ini di musim angin barat sekitar 12 fathom.”

Bagi anda pecinta wisata sejarah, nampaknya memang harus coba melancong ke Provinsi Maluku. Salah satu peninggalan termegahnya ialah Fort Duurstede atau Benteng Duurstede.

Benteng yang megah ini telah beberapa kali berpindah tangan, mulai dibangun Portugis pada 1676. Lalu dikuasai VOC mulai 1690, dan sempat direbut pasukan Pattimura, juga terakhir pada zaman kependudukan Jepang.

Untuk mengunjungi benteng yang berada di ujung Pulau Saparua, Maluku Tengah ini, Anda perlu menyeberang dari pulau Ambon ke Pulau Saparua dan mendarat di Dermaga Porto.

Dari tengah Kota Ambon, wisatawan bisa menumpang taksi dengan harga Rp 200.000 satu mobil menuju Pelabuhan Tulehu sejauh 24 kilometer. Pelabuhan tersebut berada di daerah Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, atau sisi paling timur Pulau Ambon.

Dari sana, Anda akan berganti moda dengan kapal cepat yang akan menempuh 50 mil, menuju Pulau Saparua. Ongkos yang harus dikeluarkan per satu kapal cepat berkapasitas tujuh orang ialah Rp 350.000, untuk antar jemput kembali ke Ambon.

Setelah kapal cepat melewati Pulau Haruku, sampailah Anda di Dermaga Porto. Dari sana, Anda bisa berganti moda lagi dengan angkot yang akan mengantar ke Port Duurstede.

Untuk ongkos tiap orang yang naik hanya dikenakan Rp 5.000, sedangkan jika ingin menyewanya untuk berkeliling pulau tersebut sebesar Rp 150.000. Anda bisa diantar ke beberapa pantainya, dan tempat kuliner di pulau tersebut.

Jadi, setelah tahu caranya, segeralah Anda rencanakan berlibur ke Maluku. Khususnya Pulau Saparua yang menyimpan beragam keindahan alam, budaya, dan sejarah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *