Cumi Raksasa Gegerkan Desa Iha Seram Barat Maluku

Cumi Raksasa Gegerkan Desa Iha Seram Barat Maluku

Cumi Raksasa Gegerkan Desa Iha Seram Barat Maluku – Seekor cumi raksasa yang diperkirakan telah mati sejak sepekan terakhir ditemukan terdampar oleh warga di perairan pantai di pesisir pantai Dusun Hulung, Desa Iha, Kec Huamual Kabpaten Seram Bagian Barat, Rabu (10/5). Penemuan cumi raksasa itu pun membuat gempar warga setempat.

Cumi raksasa itu mulanya ditemukan terdampar oleh nelayan setempat  saat sedang melaut, diduga karena arus laut yang sangat kuat saat itu, bangkai gurita kemudian terdampar hingga ke ditepian pantai.

“Sontong (cumi) ini pertama kali ditemukan pada beberapa hari lalu oleh nelayan, kemudian gurita itu terdampar ke pantai,” kata Ahmad, warga setempat, saat dihubungi Kabar Timur dari SBB, Rabu (10/5).

Ahmad menjelaskan penemuan gurita itu sempat menghebohkan warga setempat karena bentuk gurita yang tidak lazim. Warga yang penasaran dengan penemuan itu lalu berbondong-bondong datang ke tepi pantai  Dusun Hulung untuk menyaksikan cumi raksasa itu dari dekat.

“Kami tidak bisa memastikan ukuran sontong ini, tetapi ukurannya lebih besar dari rumah,” ujarnya.

Saat ini, cumi tersebut telah diangkat oleh masyarakat setempat ke tepi pantai. Warga menduga, gurita itu mati dan terdampar di pantai karena umurnya yang sudah tua, kemudian terbawa arus laut yang kuat di perairan itu.

“Kami tidak tahu ini jenis sontong apa. Menurut  saya, ini mungkin sontong terbesar di dunia. Mungkin saja sontong ini mati dan terdampar karena usia gurita yang sudah sangat tua,” kata warga lain bernama Sam.

Menurutnya saking besarnya cumi itu hingga sejumlah warga ada yang takut untuk menyentuh bangkai cumi tersebut. Warga bahkan tidak berniat untuk membawa pulang daging cumi itu untuk dimakan. ”Ada warga yang takut menyentuhnya mungkin karena terlalu besar, dan tidak ada warga yang mau membawa pulang daging cumi untuk dimakan,”ujarnya.

Perairan pantai di pesisir pantai Dusun Hulung, Desa Iha, Kec Huamual Kabpaten Seram Bagian Barat memang  menjadi salah satu wilayah laut lepas di Indonesia yang banyak dihuni tidak hanya berbagai jenis ikan namun juga biota laut lainnya.


Warning: printf() expects at least 1 parameter, 0 given in /home/bpmaluku/public_html/salawaku.com/wp-content/themes/newspaper/content-single.php on line 52

Share this post