Penyanyi Legendaris Asal Maluku yang Mendunia

Penyanyi Legendaris Asal Maluku yang Mendunia

Penyanyi Legendaris Asal Maluku yang Mendunia – Tak banyak orang Maluku yang meraup sukses di dunia Music baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Sebut saja beberapa penyanyi terkenal asal Maluku Mereka  memang merupakan penyanyi kawakan yang namanya tidak asing di kalangan pecinta musik tanah air. Berikut daftar Penyanyi Legendaris Asal Maluku yang Mendunia

1. Daniel Sahuleka

Penyanyi kelahiran Semarang, 6 Desember 1950 bernama Daniel Sahuleka adalah  seorang penyanyi  Belanda yang berdarah Ambon, Indonesia. Ia tinggal di Winterswijk, dimana bakat menyanyi dicuatkan oleh Rudy Bennett. Daniel tidak banyak menerbitkan album. Beberapa lagunya yang terkenal di Indonesia antara lain adalah You Make My World So Colorful yang muncul pada awal 1980-an sebagai salah satu lagu dalam album Daniel Sahuleka (1977), serta “Don’t Sleep Away The Night” yang merupakan single album dengan judul yang sama pada tahun 1978. Di awal kariernya sebagai penyanyi rekaman, Daniel bernaung di bawah Polydor (Netherland).

2.Utha Likumahuwa

Pernah dengar suara dari penyanyi artis nasional berdarah maluku bernama Utha Likumahuwa? Hmm, coba kamu tanyakan pada ayah dan ibu, mereka pasti tahu. Yup, Om Utha adalah penyanyi legendaris yang berasal dari Ambon, Maluku. Suaranya begitu khas dan orang yang mendengarnya akan tahu jika itu adalah suaranya.

Lagu-lagu Om Utha pun ikut menjadi legenda yang sulit untuk dilupakan, salah satunya, lagu Esok Kan Masih Ada. Beliau membuat album pertama, “Nada dan Apresiasi” di tahun 1982. Hingga tahun 1996 sudah 11 album yang tercipta dari Om Utha dan dua album kompilasi di tahun 1994 serta 2007.



Dulu, penyanyi pria solo sangat jarang, nah, beliau inilah salah satu orang yang mempopulerkan diri sebagai penyanyi solo. Om Utha memulai karir sebagai penyanyi di tahun1981. Saat itu, beliau mengikuti Lomba Cipta Lagu Remaja dan menyanyikan lagu berjudul Tembang Pribumi karya Christ Kayhatu, Yongky A.

Prestasi menyanyi Om Utha semakin bertambah hingga tingkat internasional. Beliau pernah mendapatkan penghargaan penyanyi dengan penampilan terbaik kedua pada ASEAN Pop Song Festival 1989 di Manila.  Bahkan lagu Om Utha pun dinyanyikan oleh penyanyi Philipina Ronnie Liang dengan judul Gusto Kita. Di tahunyang sama Om Utha meraih juara kedua Asia Pacific Singing Contest di Hongkong.

Selanjutnya, di tahun 1990 meraih juara 2 Asia Pacific Broadcasting Union atau ABU Golden Kite World Song Festival di Kuala Lumpur duet bersama Trie Utami dengan lagu Mungkinkah Terjadi karya cipta Jorgy Thito. Suara Jazz Om Utha kini hanya tinggal kenangan. Beliau telah meninggal dunia, Selasa (13/9/2011) di RS Fatmawati, Jakarta karena sakit stroke. Selamat jalan Om Utha, semoga mendapatkan tempat di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

3.Zeth Lekatompessy

Maluku Zeth Lekatompessy merupakan salah satu dari daftar penyanyi ambon pria di maluku,  berduet dengan juniornya Maryoni Serhalawan, pada penganugerahan penghargaan musisi dan penyanyi Maluku di Ambon, Maluku, Sabtu (27/4) malam. Zeth Lekatompessy meraih sejumlah prestasi nasional maupun internasional termasuk rekor MURI tahun 2007 karena menyanyikan 50 lagu berbagai aliran, berbahasa Ambon, Indonesia dan Inggris nonstop tanpa teks.Dia juga menjadi guru bagi penyanyi diantaranya Utha Likumahua, Yopie Latul, Broery Pesulima dan John Tanamal.

Share this post

Post Comment