Inilah Alasan kuat sejarah perlawanan rakyat Maluku pada Portugis

Inilah Alasan kuat sejarah perlawanan rakyat Maluku pada Portugis

Inilah Alasan kuat sejarah perlawanan rakyat Maluku pada Portugis – Portugis  merupakan salah satu negara yang pernah menjajah indonesia. Banyak perlawanan yang telah dilakukan oleh rakyat indonesia agar mengusir penjajah dari Portugis. Maluku merupakan salah satu daerah yang melakukan perlawanan terhadap penjajah. Banyak rakyat yang harus berkorban demi kemerdekaan negara kita. Sekarang, kita akan membahas tentang latar belakang perlawanan rakyat Maluku. Lalu, bagaimana sejarahnya? Yuk kita lihat sejarahnya bersama.

Portugis mulai memasuki Kepulauan Maluku di tahun 1521. Aktivitas mereka dipusatkan di daerah Ternate, karena dianggap strategis dan mudah dijangkau. Setelah itu, orang-orang Spanyol mulai memasuki Tidak lama berselang orang-orang Spanyol juga memasuki Kepulauan Maluku dan melakukan aktivitas di daerah Tidore. Alasan kuat sejarah perlawanan rakyat Maluku pada PortugisTentu saja, terjadi persaingan diantara Portugis dan Spanyol. Persaingan ini semakin tampak kejam ketika Portugis bisa menjalin hubungan persahabatan dengan Ternate, dan Spanyol melakukan hubungan dengan Tidore.

Setelah itu, di tahun 1529, terjadi perang antara Tidore melawan Portugis. Nggak terjadi begitu saja, perang ini disebabkan karena bangsa Portugis menembak kapal-kapal dari Banda yang ingin membeli cengkeh dari Tidore. Timbul perpecahan antara hubungan Tidore dan Portugis. Dalam perang ini, Portugis mendapat dukungan dan bantuan dari daerah Ternate dan Bacan. Hal inilah yang membuat Portugis bisa meraih kemenangan. Setelah menang, Portugis semakin sombong dan bertindak sewenang-wenang kepada rakyat Maluku.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang apa yang menjadi latar belakang munculnya perlawanan rakyat Maluku. Berawal dari tindakan sewenang-wenang Portugis, rakyat tidak terima dan mulai mengangkat senjata. Bab ini menarik untuk dipelajari karena berhubungan dengan sejarah Indonesia. Tertarik untuk bisa mempelajari bab ini lebih lanjut dan lebih mendetail kan? Selamat belajar.

 

Share this post