Sebanyak 90 Ribu Warga Kota Ambon Terancam Tidak Ikut Pilkada

Sebanyak 90 Ribu Warga Kota Ambon Terancam Tidak Ikut Pilkada

Sebanyak 90 Ribu Warga Kota Ambon Terancam Tidak Ikut Pilkada – Sebanyak 90 ribu lebih atau 35 persen dari 278 ribu masyarakat di Kota Ambon belum memiliki E-KTP, padahal pilkada serentak 2018 tinggal 6 bulan lagi. KPU Maluku pun meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (discapil) kota Ambon untuk menyelesaikan perekaman E-ktp.

“jumlah tersebut terhitung tinggi, masyarakat bisa terancam tidak ikut pilkada sehingga Dscapil perlu membangun kesadaran mereka akan pentingnya E-KTP, bila perlu dengan mendatangi mereka,” ungkap ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun (kamis, 1 januari 2018).
Menurutnya, pihak Discapil harus bekerja ekstra termasuk membangun kesadaran warga agar memiliki E-KTP karena wajib bagi warga mempunyai tanda pengenal kependudukan. Tidak hanya untuk kepentingan pemilihan kepala daerah (Pilkada) namun E-KTP akan sangat penting untuk keperluan administrasi lainnya.

Pihaknya juga telah berkordinasi dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil RI terkait masih banyaknya wajib E-KTP yang belum terekam. Pihak Ditjen Dukcapil pun terus mengingatkan Discapil di seluruh wilayah yang akan menggelar Pilkada serentak untuk aktif mendorong warga agar segera melakukan perekaman.

“Ditjen Dukcapil memastikan proses pemutakhiran data berjalan lancar, sehingga saat pemungutan suara 27 juni, tidak ada lagi warga yang menggunakan suket (surat keterangan) pengganti E-KTP”, tuturnya.



Sementara itu, PLT Kadis Discapil Kota Ambon, Marsella Haurissa menyatakan Blanko E-KTP mencukupi kebutuhan perekaman. Sehingga warga yang telah melakukan perekaman, akan langsung diterbitkan E-KTP nya. Pihaknya juga akan turun untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama bagi pemilih pemula untuk segera melakukan perekaman data.

“Bulan Februari ini, kami akan kunjungi Sejumlah sekolah kelas menengah atas untuk melakukan sosialisasi pentingnya kepemilikan E-KTP”, ungkap Haurissa

Share this post

Post Comment