Belum Masuk DPS KPUD Buru : Harap Segera Melapor

Belum Masuk DPS KPUD Buru : Harap Segera Melapor

Belum Masuk DPS KPUD Buru : Harap Segera Melapor – Sampai saat ini belum ada laporan tertulis terkait dengan temuan warga yang namanya belum masuk di Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kabupaten Buru, dan juga termasuk dari tim dari kedua pasangan calon belum memberikan informasi terkait dengan laporan warga yang belum terdaftar di DPS KPUD Buru.

Untuk itu pihak KPUD Buru mengharapkan kepada warga yang belum terdata di DPS agar segera melapor ke KPU, PPK dan PPS.

Ketua KPUD Buru Munir Soamole kepada Wartawan di Kantor KPUD Buru, Senin (21/11) mengatakan, hingga saat ini belum ada masyarakat yang melapor ke KPU, mereka tidak terdaftar di DPS, namun untuk tingkat PPK dan PPS mungkin sudah ada loporan warga yang tidak masuk DPS, dimana DPS tersebut telah dipajang di sejumlah kantor, dan tempat strategis.

“Kami masih menunggu laporan resmi dari PPS dan PPK, untuk perbaikan DPS, dan tetap berharap partisipasi dan peran aktif setiap lapisan masyarakat untuk mencermati DPS, dimana pengumumannya telah disampaikan sejak 10 sampai 19 November 2016,” kata Soamole

Nantinya setelah laporan diterima KPU akan dilakukan perbaikan DPS pada 20-24 November 2016.

“Selanjutnya, DPT akan ditetapkan pada 6 Desember 2016,” ujarnya.

Soamole menegaskan, akan tetap bekerja secara maksimal dengan terus bekerja sesuai dengan mekanisme perataturan UU yang berlaku.

“Kami sudah mewanti-wanti ke pada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menerima seluruh masukan-masukan dari masyarakat yang di sampaikan khusus dalam masa proses perbaikan dari tanggal 20 November sampai tanggal 24 November 2016, untuk kemudian di tindaklanjuti,” tandas Soamole

Untuk itu Soamole mengatakan, agar nama-nama yang tidak ada di masukan dalam DPS agar segera melapor kepada pihak PPS dan PPK.

“Saya himbau kepada tim pasangan kedua calon atau teman-teman media yang kapasitasnya sebagai media kontrol, apabila menemukan warga yang di luar sana yang namanya belum terdaftar di DPS agar segera melapor ke TPS , PKK, dan yang belum memiliki KTP Elektronik agar mengarahkan mereka untuk melakukan perekaman di dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buru,” ujarnya.

Dikatakan, DPS ini nantinya akan diperbaiki kembali oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk memastikan apakah pemilih sudah memiliki E- KTP. Kemudian jika belum terdaftar diminta untuk segera melaporkan kepada petugas.

“Jadi masih ada kesempatan bagi masyarakat pemilih yang belum terdaftar di DPS bisa menghubungi PPS atau PPK. Supaya namanya dimasukan sebagai pemilih. Rentang waktunya pada 20 hingga 24 Nopember,” terangnya.

Ia mengharapkan bagi masyarakat yang belum terdaftar, segera menghubungi petugas KPU, PPS ataupun PPK yang ada untuk memastikan masuk dalam daftar pemilih.

“Partisipasi partai politik juga sangat diharapkan karena mereka punya simpatisan, tentunya juga harus ikut mendata para simpatisannya,” katanya.

Berdasarkan DPS yang telah diplenokan oleh KPU Buru, jumlah masyarakat daerah itu yang memiliki hak suara mencapai 89.994 orang.

Data tersebut, merupakan hasil sinkronisasi dari Data Pemilih Potensial (DP4) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir.

“Setelah kita lakukan pencocokan dan penelitian (coklit), maka didapatkan DPS sebanyak 89.994 orang,” jelasnya


Warning: printf() expects at least 1 parameter, 0 given in /home/bpmaluku/public_html/salawaku.com/wp-content/themes/newspaper/content-single.php on line 52

Share this post